N3 Payakumbuh - Pemerintah kota (Pemko) Payakumbuh kembali meraih prestasi gemilang di kepemimpinan  Riza Falepi – Erwin Yunas. Setelah baru-baru ini Walikota Riza Falepi diganjar penghargaan bergengsi Leadership Award tahun 2017 dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), kali ini Kota Payakumbuh yang dipimpinnya berhasil menggondol penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan prediket BB (sangat baik) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Penghargaan diterima langsung oleh Walikota Payakumbuh Riza Falepi dari Menpan RB Asman Abnur, Penyerahan laporan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja Pemerintah Daerah Wilayah I di Hotel Radison, Kota Batam Propinsi Kepulauan Riau, Kamis (25/1).

Bersama Kota Padang, Kota Payakumbuh berhasil mendapat hasil peniaian yang lebih baik dari Kota dan Kabupaten lain di Sumatera Barat. Sekedar catatan, penilaian SAKIP tahun 2016 , Kota Payakumbuh hanya memperoleh prediket B (baik) dengan nilai 61,66, dan penilaian tahun 2017, Kota Payakumbuh berhasil naik peringkat dengan prediket BB.

“Alhamdulllah, setelah bekerja keras membangun dan memperbaiki sistem birokrasi di Kota Payakumbuh, kita berhasil mendapatkan penghargaan SAKIP dengan prediket sangat baik, dan bersama Kota Padang berhasil menjadi yang terbaik di Sumatera Barat,” ujar Riza Falepi, didampingi Sekda Benny Warlis, Kepala Bappeda Rida Ananda dan beberapa kepala OPD Kota Payakumbuh sesaat setelah menerima penghargaan .

Untuk diketahui, penghargaan SAKIP ini merupakan penghargaan bergengsi dalam hal akuntabilitas dan pertanggungjawaban publik instansi pemerintahan terkait pengelolaan sumber daya dan pelaksanaan kebijakan yang dipercayakan kepadanya.

“Efisiensi dalam birokrasi hanya dapat terjadi apabila akuntabilitas dapat diwujudkan oleh birokrasi itu sendiri. Akuntabilitas yang berorientasi pada hasil atau kinerja hanya akan tercapai apabila birokrasi dapat menerapkan manajemen berbasis kinerja dengan baik yang kita kenal dengan SAKIP”, ujar MenPan-RB, Asman Abnur dalam sambutannya pada pembukaan acara tersebut.

Pengaturan SAKIP sendiri tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah yang mana didalamnya menyebutkan SAKIP merupakan rangkaian sistematik dari berbagai aktivitas, alat dan prosedur yang dirancang untuk tujuan penetapan dan pengukuran, pengumpulan data, pengklarifikasian, pengikhtisaran, dan pelaporan kinerja pada instansi pemerintah, dalam rangka pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja instansi pemerintah.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi mengucapkan terima kasihnya kepada berbagai pihak terutama jajaran OPD yang telah bekerja keras dan bersungguh sungguh menjalankan roda pemerintahan dan menghadirkan profil birokrasi Kota Payakumbuh yang akuntabel dan mendapat penilaian positif dari masyarakat serta pemerintah pusat.

“Dengan keberhasilan meraih prediket BB pada SAKIP, ini membuktikan bahwa Pemerintah Kota Payakumbuh dinilai telah menjalankan roda pemerintahan secara efektif, efisien, transparan, akuntabel dan responsif terhadap aspirasi masyarakat sehingga kepercayaan masyarakat kepada pemerintah dapat terwujud”, terang Riza Falepi.

Dikatakan Riza, dibawah kepemimpinannya yang telah masuk periode kedua, dia bersama wakil walikota terus bertekad membangun sistem birokrasi Kota Payakumbuh yang akuntabel.

“Dahulu, awal pemerintahan saya ditahun 2013, capaian SAKIP Payakumbuh hanya C dengan nilai 38,68, Alhamdulillah dari tahun ketahun prediket SAKIP terus meningkat, dan tahun ini kita berhasil memperoleh prediket BB (sangat baik) dan bersama Kota Padang menjadi yang terbaik di Sumatera Barat,” ulas Riza.

Diakui Riza, tidak mudah untuk bisa mendapatkan prediket BB dalam penilaian SAKIP kali ini. Pihaknya senantiasa memberi dorongan dan motivasi sekaligus melakukan evaluasi secara periodik kepada setiap OPD agar mampu menerapkan standar akuntabilitas kinerja yang tepat dan sesuai petunjuk kemenpan RB.

“Banyak langkah telah kami lakukan untuk meraih prediket BB ini, mulai dari berkunjung ke Kemenpan RB untuk membangun komitmen Tim SAKIP Kota Payakumbuh hingga Belajar ke Tim SAKIP Kota Bandung yang pada tahun sebelumnya sukses meraih prediket A,” terang Riza.

Lebih lanjut mantan senator Sumbar ini mengatakan tahun 2018 Kota Payakumbuh menargetkan meraih prediket A dalam penilaian SAKIP. “Untuk capaian SAKIP tahun depan, kita targetkan memperoleh prediket A dan tetap menjadi yang terbaik di Sumatera Barat, bahkan kalau bisa terbaik se Indonesia, In syaa Allah kalau kita bersungguh sungguh, target itu akan bisa kita capai, mohon doanya” pungkas Riza Falepi.

Kemenpan RB setiap tahun menggelar evaluasi atas implementasi SAKIP pada  Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/ Kota. Evaluasi SAKIP diadakan dalam rangka mendorong terciptanya akuntabilitas kinerja instansi pemerintah sebagai salah satu prasyarat untuk terciptanya pemerintah yang baik dan terpercaya. (Rahmat Sitepu)
 
Top