N3 Payakumbuh - Pemerintah kota Payakumbuh menggelar silaturrahmi dengan Kakanwil Kemenag Payakumbuh, di aula serba guna Kemenag, Selasa (23/1).

Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi. ST. MT diwakili Sekdako Benni Warlis mendukung penuh Kankemenag dalam hal pembangunan di bidang pendidikan keagamaan.

" Payakumbuh saat ini tumbuh sebagai kota yang kaya prestasi. Semua itu terwujud berkat peran aktif Kankemenag beserta jajarannya dalam membantu tugas pemko di bidang agama. Hubungan kerja antara Kankemenag dan pemko selama ini berjalan kondusif. Untuk itu, kami mohon kepada kakanwil untuk selalu memberikan motivasi dan dukungan terhadap pembangunan keagamaan di Payakumbuh. Kemenag juga aktif berikan dakwah penegakan amar makruf nahi munkar di Payakumbuh," sambut Benni Warlis.

Sebelumnya, Kankemenag kota Payakumbuh Asra Faber, melaporkan, saat ini, Kankemenag kota Payakumbuh memiliki 367 pegawai negeri, 200 orang tenaga honorer. Personil tersebut tersebar di 25 madrasah, KUA dan RA. Di Payakumbuh saat ini ada 7 pesantren dan 1 Ponpes salafiah.

"Saat ini Kankemenag dan Pemko Payakumbuh saling bahu-membahu wujudkan pembangunan di bidang agama dan keagamaan, termasuk bidang pendidikan. 5 Nilai budaya kerja kementerian agama yang kemudian kita jabarkan menjadi motto " PINTAR, ANL dan LAN" untuk tingkat RA. Selain itu, 3 program unggulan madrasah juga menjadi prioritas kita. Hubungan lintas sektoral, sebagaimana misi kita yaitunya membantu tugas pemerintah daerah, kita wujudkan dalam pelaksaan tusi. Payakumbuh saat ini adalah kiblatnya pendidikan di Sumatera Barat," papar Asra Faber.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri mengawali sambutannya dengan ta'ruf dan penyampaian riwayat hidupnya. kakanwil juga memperkenalkan istri yang sekaligus pembina DW jajaran kanwil kemenag Sumbar.

" Kami sangat bangga dengan prestasi Kota Payakumbuh. Kota Payakumbuh adalah kota kaya prestasi yang sekaligus gudangnya para hafidz dan ulama. Kami juga apresaisi dengan peran para ulama yang dikoordinir Ketua MUI, H. Mismardi dan Kabag Kesra Setdako, Ul Fakhri yang selalu berkoordinasi. Kita sangat kagum dengan kanda Asra Faber, beliau adalah senior yang selalu menginspirasi dan memotivasi kami dan keluarga. Suasana keagamaan Payakumbuh yang religious, semakin hari semakin kaya dengan prestasi. Wajar saja Payakumbuh jadi kiblatnya pendidikan dan keagamaan," sebut Kakanwil.

" Kedepannya marilah kita hilangkan ego sektoral, mari kita bahu-membahu. PR Kita sangat banyak, disamping kemajuan zaman yang mempengaruhi menurunnya nilai-nilai dan norma. Saat ini kita dihadapkan dengan tantangan LGBT, HIV/AIDS dan Narkoba. Mari bersama, kita berjihad di jalan Allah, karena amanah adalah inti kehidupan. Dalam menjalankan tugas kita butuh kebersamaan dan ittihad. Mari kita rapatkan barisan, demi terwujud masyarakat berkualitas. Karena apa saja tindak tanduk kita, Allah akan melihatnya, termasuk ribuan mata masyarakat luas. Untuk itu, ASN Kemenag aplikasikan kode etik secara optimal," pesan Hendri.

Semangat penuh kekeluargaan terpancar dalam temu silaturahmi antara Kakanwil Kemenag Sumbar dengan Pemko Payakumbuh yang dirangkai dengan pembinaan ASN oleh Kakanwil dan Walikota Payakumbuh. (Rahmat Sitepu)
 
Top