N3, Padang ~ Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang Emzalmi-Desri Ayunda mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang, Selasa, 9 Januari 2018. Pasangan yang disebut duet ideal ini, diantar tujuh partai politik pengusung yakni Golkar, PDI Perjuangan, Gerindra, Nasdem, PKB, PPP, dan Demokrat.

Pasangan ini juga diantar oleh Ninik Mamak se Kota Padang, Anak Nagari, Bundo Kanduang, Alim Ulama, Relawan Emzalmi-Desri Ayunda, dan segenap tokoh masyarakat. 

Saat mendaftar, Emzalmi-Desri didampingi Ketua DPD Golkar Padang Wahyu Iramana Putra, Ketua DPC Demokrat Januardi Sumka, Ketua DPC PPP Padang Maidestal Hari Mahesa, Ketua DPC Gerindra Syajrial Kani, Ketua DPC PDIP Albert Hendra Lukman, Ketua DPD Nasdem Padang Apris Yaman, dan Ketua DPC PKB Padang Syamsul Akmal.

Emzalmi – Desri merupakan pasangan yang pertama mendaftar ke KPU Padang dari informasi tiga pasangan yang bakal bertarung di Pilkada Padang 2018 mendatang.

“Allhamdulillah, kami bisa mendaftar ke KPU hari ini dan tujuh Parpol representatif DPRD Padang mengusung kami,”ujar Cawawako Desri Ayunda di sela-sela pendaftaran di KPU, Selasa, 9 Januari 2018.

Gerindra yang sempat diragukan ternyata menjadi pengusung Emzalmi-Desri Ayunda ke Pilkada Padang 2017. Tudingan Zulkifli Jailani bahwa dukungan Partai Gerindra ke Emzalmi-Desri Ayunda hanya sekedar kamuflase ternyata tidak terbukti. 

Ini dibuktikan surat DPP Gerindra menjadi satu dari tujuh Parpol pengusung Emzalmi-Desri Ayunda. Meski untuk itu Gerindra melakukan reposisi ketua DPC Gerindra Padang dari Afrizal ke Syahrial Kani yang baru ketahuannya beberapa jam sebelum pendafatran.

Sedangkan satu Parpol di DPRD Padang, Hanura tidak bisa menjadi pengusung tapi memposisikan sebagai Parpol pendukung Emzalmi-Desri Ayunda.

“Mendukung Emzalmi-Desri Ayunda adalah marwah bagi Hanura dan harga diri partai,” ujar Ketua DPC Hanura Padang Febrizal.

Zahirsyah Bob, Ketua Tim Advance Relawan Emzalmi-Desri Ayunda mengatakan, dengan telah didaftarkannya pasangan Emzalmi-Desri Ayunda, dua agenda besar sudah dilewati dengan sukses. Pertama, deklarasi dukungan Koalisi Padang Bersatu kepada Emzalmi-Desri Ayunda. Kedua, pendaftaran pasangan Emzalmi-Desri Ayunda ke KPU Kota Padang. 

"Selanjutnya, kami tentu akan melakukan konsolidasi internal terlebih dahulu, mengevaluasi kinerja tim. Namun, kita siap tempur di Pilkada Kota Padang. Bagi kita, bersatu, berjuang dan menang adalah harga mati di Pilkada ini," cakapnya.

Ketua KPU Padang M. Sawati mengatakan pendaftaran adalah bagian penting dari Pilkada.

“Dari pendaftaran kita tahu siapa calon walikota dan wakil walikota yang akan bertarung di Pilkada Padang 2018 mendatang. Hari ini, baru satu pasang yang mendaftar yakni Emzalmi-Desri,” katanya. By
 
Top