N3 Payakumbuh - Sebanyak 152 mahasiswa terima dana umat dari LazisMu sebesar 1000.000 tiap mahasiswa, di Gedung Gambir Fakultas Pertanian Payakumbuh, Sabtu (20/1).

Dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, AH Agustion, menyampaikan kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (22/1), kita sangat apresiasi Muhammadiyah melalui Lazismu telah mendukung program Pemko Payakumbuh dalam pemberian bantuan beasiswa pendidikan. Meringankan beban pembiayaan pendidikan yang biasanya ditanggung orang tua.

“Dan kepada penerima beasiswa rajinlah bersyukur yang diwujudkan dengan rajin belajar. Pada bahu ada  (mahasiswa) tertumpang harapan dan amanah," pungkas Agustion.

Sebelumnya Wakil Ketua DPRD Payakumbuh Suparman yang juga hadir dalam penyerahan bantuan mengharapkan agar mahasiswa dapat memanfaatkan dana pendidikan ini dengan optimal kalau bisa menghasilkan.

"Mari mahasiswa lahirkan inovasi dan lahirkan pola pikir lebih maju dan kreatif, bangun jiwa pengusaha sejak masa kuliah ini. Jadikan momen hari ini sebagai pancingan untuk melangkah lebih maju, sehingga mustahik hari ini muzaki hari esok," ulas Suparman.

Sementara itu Ketua Muhammadiyah Provinsi Sumatera Barat, Sofwan Karim berpesan, sebagai generasi layar sentuh terjadi penurunan rasa kepedulian kepada sesama termasuk diri pribadi. Untuk itu, Iman dan Ilmu harus setara,

"Agama telah mengajarkan kita berinfaq bisa ketika sempit, maknanya sangat luas, dan Allahlah yang akan membalasnya. Kita mesti yakin akan perintah Alah ini. Bantuan 1 juta secara lahiriyah adalah konsumtif sedangkan secara bathiniya adalah investasi. Untuk jadi muzaki jangan tunggu kaya, cukup makan sebulan, bisa sekolahkan anak, bisa bangun rumah, sudah bisa berzakat sementara. Kalau pun tidak zakat bisa disebut sedekah dan infaq. Kami pesankan, Man jadda wa jada, Siapa yang mau berjuang berjuanglah di jalan Allah, Siapa yang sedikit jujurnya sedikit temannya, Bergaul dengan orang jujur dan menempati janji, Perhatikan, coba dulu nanti kamu tahu, Tuntulah ilmu dari buayan hingga liang lahat, dan Telur hari ini Lebih baik ayam mendatang," pesan Sofwan Karim.

Penyerahan bantuan dana pendidikan dari LazisMu diserahkan oleh Ketua DPW Muhammadiyah yang dilanjutkan dengan tamu undangan dan pengurus Muhammadiyah Kota Payakumbuh kepada 4 orang perwakilan mahasiswa.

Salah seorang penerima bantuan pendidikan, Robi (20) asal Koto Alam Kec. Pangkalan, mengatakan kepada media ini, sejak SD saya sudah menikmati bantuan pendidikan dari LazisMu hingga kini. Saya seorang anak yatim dan saat ini kuliah di UMSB Fakultas Hukum semester II. Secara pribadi kami sangat terbantu dalam membayar uang kuliah. Ortu kami bertani baru mampu kirim sambal, beras dan sedikit belanja. Terima kasih LazisMu, barakallahu, aamiiin," pungkas Robi. (Rahmat Sitepu)
 
Top