"Dua Petahana Berhadapan"
Mawardi-Taufiq Idris. Fadli Amran-Asrul. Hendri Arnis-Eko Furqani. Rafdi M Syarif-Ahmad Fadli

N3, Padang Panjang - Pemilihan Umum Kepala Dearah (Pemilukada) untuk Kota Padang Panjang suda dapat dipastikan bakal ramai. Karena bursa bakal calon (bacalon) kepala Daerah di Kota Serambi Meka itu telah muncul empat pasang bacalon, yang akan memperebutkan kendaraan bernomor plat BA 1 N pada pertengahan tahun ini. Apa lagi Pemilukada kali ini, dua petahana akan saling berhadapan.

Berdasarkan minitoring www.nusantaranews.net dilapangan, ke empat pasang bacalon tersebut telah mengantongi Surat Keputusan (SK) dukungan dari DPP masing-masing Partai. Seperti bacalon petahana, Hendri Arnis-Eko Furqani, diusung oleh koalisi Partai Amanat Nasional (PAN) dan Nasional Demokrat (NasDem). Sedangkan Mawardi-Taufiq Idris diusung oleh kolasi Partai Demokrat bersama Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Sementara dua pasang bacalon lagi, yakni Fadli Amran-Asrul diusung oleh Partai Golkar dan PDI Perjuangan, sedangkan pasangan bacalon Rafdi M Syarif-Ahmad Fadli diusung oleh koalisi Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Dari empat pasang bacalon Walikota Padang Panjang ini, Senin (8/1) pagi tadi, pasangan Mawardi-Taufiq Idris yang diusung oleh Partai Demokrat dan PPP dideklarasikan dengan sebutan 'Permata' (Perjuangan Mawardi Taufik) di Gedung M Safei, yang diahdiri oleh Ketua Partai pengusung.

Usai deklarasi, Permata diarak berjalan kaki menuju ke Sekretariat Komisi Pemilhan Umum (KPU) Kota Padang Panjang untuk didaftarkan sebagai bacalon Walikota dan Wakil Walikota periode 2018-2023.

Namun Rafdi M Syarfi-Ahmad Fadli dan Fadli Amran-Asrul hingga berita ini duturunkan, belum memastikan kapan akan mendeklarasi pasangan. Begitu juga dengan pasangan Hendri Arnis-Eko Furqani, termasuk jadwal mendaftaran ke KPU.

“SK Gerindra sampai ke tangan saya pada Selasa (2/1) pekan lalu. Kemudian disusul SK PBB dan PKS berturut-turut dua hari setelah itu. Hal ini sekaligus memastikan say bersama Ahmad Faldi resmi selaku pasangan bacalon dari Gerindra, PBB dan PKS. Namun untuk deklarasi, kami belum memutuskan,” ucap Rafdi saat dihubungi via telpon genggamnya.

Kini lonceng pemilihan Walikota/Wakil Walikota Padang Panjang periode 2018-2023 mendatang tela diawali oleh Permata, sedikit banyaknya, harapan dan impian masyarakat terhadap pasangan bacalon yang akan dipilih untuk mengemban amanah jelas tertumpang harapan yang sangat besar. Terutama dalam memperhatikan aspirasi masyarakat yang memiliki berbagai persoalan.

Seperti disampaikan tokoh masyarakat Kelurahan Kampungmanggis, Heri Gusman. Ia mengaku sangat berharap helat demokrasi kali ini bisa berlangsung damai. Sehingga harapan masyarakat untuk menggantungkan harapannya terhadap pasangan pemimpin periode mendatang, dapat terwujud lebih baik.

“Tidak ada manusia itu yang semperna. Hanya Allah SWT yang sempurna. Namun dengan terpilihnya salah satu pasangan calon yang amanah nantinya, tentu saja kota Padang Panjang ini kedepannya akan semakin baik. Apa lagi janji-janji pemerintah di masa terdahulu mungkin saja masi belum terpenuhi secara utuh. Maka, hal ini jelas menjadi tanggung jawab pemimpin yang akan terpilih untuk meminimalisirnya,” tutup Heri dan berharap kepada ke empat pasang bacalon tersebut utuk tidak melakukan politik praktis. (ri)

 
Top