N3, Aceh ~ Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Singkil mendapat alokasi bantuan sosial beras sejahtera (bansos rastra) sebanyak 78.390 kg untuk bulan Januari 2018 

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Aceh Singkil, H.Mauidhah,SE mengatakan Bansos rastra tersebut  direncanakan akan didistribusikan langsung kepada para penerima azas manfaat di 11 kecamatan dalam Kabupaten Aceh Singkil.

Berkenaan dengan penyaluran bansos rastra atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) bulan Januari 2018 ini, Dinas Sosial Aceh Singkil sudah membentuk Satker dan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak yang terkait termasuk Perum Bulog. 

Sedangkan, untuk proses Pendistribusian beras rastra akan dilakukan berdasarkan surat edaran dari Direktur Penanganan Fakir Miskin Perdesaan Kementerian Sosial RI, Naziarto.

"Kita sudah lakukan Koordinasi dengan pihak yang terkait, tujuannya adalah untuk memastikan pendistribusiannya tepat sasaran, termasuk jumlah, waktu, harga serta kualitas barang", kata Mauidhah saat dikonfirmasi Koran Online Pewarta Indonesia (KOPI) di Aceh Singkil.

Disamping itu lanjutnya, tim koordinasi atau Satker dalam proses pendistribusian beras rastra juga akan melibatkan petugas dari bagian ekonomi Setdakab Aceh Singkil. 

"Para penerima beras rastra untuk tahun ini tidak lagi menggeluarkan biaya atagu memebus beras rastra, dikarenakan segala biaya yang ditimbulkan sepenuhnya ditanggung  oleh  pemerintah", jelas Mauidhah.

Sementara, berkenaan dengan biaya transportasi angkutan, juga dibebankan kepada Pemkab Aceh Singkil yang ikut serta dibantu oleh anggaran dana desa.

"Untuk skema penyaluran beras rastra akan langsung menuju kekantor kecamatan dan ke titik pendistribusian rumah tangga sasaran (RTS)," jelasnya.

Berikut rincian Beras Rastra yang akan disalurkan kepada penerima di 11 Kecamatan di Aceh Singkil, yaitu; Kecamatan Danau Paris (5.310 Kg),  Gunung Meriah (13.730 kg), Kuta Baharu (5.440 Kg), Kuala Baru (3.460 Kg), Pulau Banyak (4.190Kg), Pulau Banyak Barat (3.520 Kg), Simpang Kanan (10.790 Kg), Singkil (13.160 Kg), Singkil Utara (7.390 Kg), Singkohor (3.220 Kg) dan Kecamatan Suro (8.580 Kg). [Jamaluddin]
 
Top