N3 Payakumbuh - “ Pengetahuan tentang kelembagaan dan administrasi dalam mengelola seperti halnya pada organisasi PKK, harus dimiliki oleh seluruh pengurus dari tingkat kota hingga RT/RW. Ibarat sebuah teko air, ia menuangkan air kepada setiap gelas di sekitarnya, maka pengurus harus terlebih dahulu memiliki pengetahuan tentang hal tersebut dan membagikannya kepada seluruh anggota di tingkat RT/RW dan Dasawisma”.

Hal tersebut disampaikan oleh Siti Zakiah salah seorang narasumber dalam kegiatan Orientasi PKK yang dihadiri Ketua TP-PKK, Hj. Henny Yusnita, pengurus dari tingkat kota, kecamatan, dan kelurahan. Acara yang berlangsung selama satu hari tersebut bertempat di Aula Kantor TP-PKK kota Payakumbuh, Jalan Pahlawan, kel. Sawah Padang Aua Kuniang, Payakumbuh Selatan, Rabu (13/12).

Siti Zakiah melanjutkan setelah adanya pergantian kepengurusan TP- PKK tingkat Pusat, terjadi beberapa perubahan tentang pengelolaan, kelembagaan dan administrasi.

"Setelah TP-PKK Pusat yang baru melaksanakan Rakernas beberapa waktu lalu, dikeluarkanlah sejumlah aturan yang baru tentang kelembagaan dan administrasi," kata Siti Zakiah.

Sebelumnya Ketua TP-PKK, Hj. Henny Yusnita membuka orientasi tersebut, dan dalam sambutannya mengatakan bahwa orientasi ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan pengurus.

"Serta meningkatkan peran aktif pengurus ditingkat kota, kecamatan, dan kelurahan, serta pemantapan program pokok  dan prioritas PKK, apalagi kepengurusan PKK  kota Payakumbuh baru saja dilantik, " ujar Hj. Henny.

Ditambahkan Hj. Henny, orientasi ini hendaknya diikuti dengan sebaik-baiknya agar bisa diimplementasikan di kepengurusan setiap tingkat.

"Kami mengharapkan para peserta  untuk mengikuti orientasi ini dengan baik agar wawasan yang diterima bisa dimanfaatkan bagi kepengurusan disetiap tingkat," tukuk Hj. Henny.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk KB (P3AP2KB) yang diwakili Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan Erma Yunita melaporkan bahwa peserta orientasi ini berjumlah 105 orang yang berasal dari kepengurusan tingkat Kota, Kecamatan, dan Ketua TP-PKK Kelurahan.

Kemudian dilaporkan Erma Yunita, narasumber berasal dari TP-PKK Propinsi Sumbar, selain Siti Zakiah dengan materi Kelembagaan dan Administrasi, orientasi ini juga diisi oleh Evalisa dengan materi Program Prioritas Pokja II. (Rahmat Sitepu)
 
Top