N3 Payakumbuh - Peringatan HUT kota Payakumbuh kali ini bukan hanya sebuah acara seremonial belaka, ada sebuah gagasan besar yang ingin kami sampaikan yaitu Pemko Payakumbuh tengah menyusun rancangan akhir RPJMD tahun 2017-2022 yang akan segera di-Perda-kan.

Dalam RPJMD tersebut ada bahagian yang mengangkat tentang sinergitas pembangunan yang intensif bersama semua pihak termasuk melakukan kerjasama dengan daerah tetangga Kabupaten Limapuluh Kota, dalam rangka efesiensi dan efektifitas pelayanan publik serta saling menguntungkan.

Hal tersebut disampaikan Walikota Riza Falepi dalam pidato sambutan hari jadi kota Payakumbuh ke-47 pada sidang Paripurna Istimewa DPRD yang berlangsung di ruang sidang utama, Gedung DPRD setempat, Ahad (17/12).

Dilanjutkan Walikota Riza, kerjasama antar daerah perlu diwujudkan secara konkrit guna optimalisasi potensi kedua daerah dan meminimalisir keterbatasan yang dimiliki antara keduanya.

"Pada momen ini, kami berharap semua stakeholder dan komponen masyarakat dan hadirin dapat mendukung hal ini. Guna kemajuan Luhak nan bungsu yang kita cintai ini," harap Walikota Riza.

Dikatakan Wako Riza, berkat kebersamaan semua pihak, pembangunan fisik di kota Payakumbuh semakin hari-hari semakin terlihat kemajuannya.

“Keberhasilannya ini masih perlu ditingkatkan melalui tangan-tangan terampil dan kreatif untuk menangani berbagai urusan agar kesejahteraan masyarakat dapat tercapai,” kata Wako Riza.

Menurut Wako Riza, pembangunan yang dilaksanakan tidak hanya fisik tetapi pembangunan mental dan moral seluruh warga kota juga terus diupayakan.

Pada periode kedua ini, melalui visi dan misi yang telah ditetapkan bahwa pasangan Walikota Riza Falepi bersama Wakil Walikota Erwin Yunaz memfokuskan pada peningkatan kesejahteraan bagi seluas-luasnya masyarakat Payakumbuh.

“ Dan menjadi kata kuncinya adalah pertumbuhan ekonomi yang berkualitas,” ungkap Wako Riza.

Diakhir sambutannya Wako Riza mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak atas sumbangsih fikiran, tenaga, dan segenap saran yang konstruktif dan inovatif.

“Kami mengharapkan dukungannya dalam melaksanakan tugas-tugas pada tahun selanjutnya,” pungkas Wako Riza.  

Sidang paripurna Istimewa yang dipimpin Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam tersebut dihadiri pula oleh Wakil Walikota Erwin Yunaz, Gubernur Sumbar yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan Kemasyarakatn dan SDM, Jefrinal Arifin, Anggota DPRD, Pimpinan OPD, Forkopimda, Camat, Lurah, tokoh masyarakat, Alim Ulama, Niniak mamak, Bundo kanduang, Cadiak pandai, kemudian sejumlah tamu undangan dari kabupaten/kota turut hadir bersama sejumlah mantan kepala daerah yang pernah memimpin kota Payakumbuh, di antaranya Syamsul Bahri, Yulizar Bahrain, dan Suwandel Muchtar.

Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam dalam pidato pembukaan HUT Kota Payakumbuh ke 47 menyampaikan, Payakumbuh di usia yang ke 47 ini telah banyak menorehkan catatan dan agenda penting dalam sejarah perjalanan dan perkembangannya.

“Sederetan prestasi dan penghargaan yang telah diraih, baik ditingkat propinsi maupun nasional akan menjadi indikator keberhasilan apabila dikolaborasikan dengan memaksimalkan peran serta dan partisipasi komponen masyarakat disetipa nafas pembangunan.

Untuk itu perlunya sinergitas yang baik dan teratur dari semua unsure yang ada di kota ini. Apalagi saat ini Payakumbuh telah menjadi kota yang sangat diperhitungkan ditingkat Sumbar dan Nasional, “ pungkas Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam.

Sementara itu Gubernur Sumatera Barat, yang diwakili Staf Ahli Bidang Pembangunan Kemasyarakatn dan SDM, Jefrinal Arifin menyampaikan selamat hari jadi kota Payakumbuh ke 47.

"Selamat HUT kota Payakumbuh ke 47, semoga Allah selalu mendampingi kita semua dalam membangun Kota yang kita cintai ini.

Melalui peringatan HUT kota Payakumbuh ini, kita disadarkan kembali untuk dapat belajar dari segala keberhasilan dan kegagalan yang telah kita lewati, serta tetap berpegang kepada tujuan peningkatan kesejahteraan masyarakat, “ungkap Jefrinal Arifin.

Menurut Gubernur, Payakumbuh diharuskan untuk dapat mengembangkan potensi berdasarkan keunggulan komparatif dan kompetitif yang dimilikinya. Sebab pembangunan Payakumbuh di masa yang akan datang akan sangat tergantung pada kreatifitas pemerintah daerah dalam memaksimalkan potensi yang tersedia serta peningkatan investasi dan kunjungan ke daerah ini.

Diakhir sambutannya, Gubernur Sumbar mengharapkan Pemerintah Propinsi Sumbar dan Pemko Payakumbuh dapat terus berupaya merumuskan berbagai langkah kebijakan yang inovatif  dan berdayaguna bagi peningkatan kesejahteraan dan kualitas kehidupan masyarakat Payakumbuh.

“Sekali lagi kami ucapakan, selamat HUT yang ke 47, semoga Payakumbuh dapat menjadi kota terbaik dan dapat dibanggakan di Propinsi Sumatera Barat, “pungkas Jefrinal Arifin membacakan sambutan Gubernur Propinsi Sumbar..(Rahmat Sitepu)
 
Top