N3 Payakumbuh  - Hasil penilaian selama setahun (2017) dari 34 provinsi di tanah air, Badan Litbang Kementerian Dalam Negeri memutuskan memilih 5 Gubernur, 12 Bupati dan 7 Walikota di seluruh penjuru negeri menjadi sosok yang hebat dalam memimpin daerahnya.

Dari pemimpin daerah Sumatera Barat menempatkan Gubernur Irwan Prayitno, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, Bupati Agam Indra Catri dan Walikota Payakumbuh Reza Falepi. Mereka terpilih dan menyisihkan ratusan kepala daerah yang disisir Badan Litbang Kementerian Dalam Negeri. Hebatnya lagi, ada provinsi yang sama sekali tidak kebagian anugerah yang sedianya akan diserahkan Mendagri Tjahyo Kumolo pada Senin (11/10). Ini berarti Provinsi Sumatera Barat saat ini tengah dipimpin oleh orang orang hebat.

Walikota Payakumbuh H Riza Falepi salah satu dari 4 pemimpin di Sumbar yang dianugerahi Leadhership Award ini bersyukur dengan anugerah ini.

“Terima kasih ucapan selamatnya, sagan pulo awak jadinyo (kita jadi segan-red). PR Kita masih banyak,” ungkap Riza Falepi, Sabtu (09/12) di Ngalau Indah

Riza Falepi akan menerima Leadership Awards ini di Puri Agung Convention Hall Hotel Grand Sahid Jaya, Jalan Jenderal Sudirman Kavling 86 Jakarta pada Senin 18 Desember 2017 pukul 18.00 WIB. Bersama Riza Falepi, juga menerima Leadership Award Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, dan Bupati Agam Indra Chatri. Sayang, Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah yang masuk nominasi gagal terpilih.

Badan Litbang Kementeran Dalam Negeri adalah lembaga yang ditugasi oleh Mendagri Tjahyo Kumolo untuk melakukan penelitian dan penyisiran selama setahun. Lembaga tersebut jelas merupakan sebuah lembaga yang sangat kredibel. Lembaga eselon I yang menjadi timthank kementerian yang mengurusi pemerintahan daerah. Sulit membantah kredibilitas lembaga tersebut.

Apalagi, kriteria yang digunakan untuk memilih para kepala daerah hebat itu juga lumayan berat. Ada kriteria yang mereka gunakan untuk menjaring kehebatan para pemimpin formal daerah. Setidaknya ada beberapa kriteria penilaian diantaranya, pertama menyangkut jabatan orang orang yang dinilai harus minimal empat tahun. Kedua menyangkut dengan popularitas yang bersangkutan di mata rakyatnya. Ketiga menyangkut dengan kebersihan jejaknya dalam kasus korupsi. Keempat tidak memiliki catatan asusila alias memiliki rekam jejak moral yang baik dan Kelima memiliki integritas sebagai pemimpin masyarakat. 

Jelas bahwasanya tidak mudah untuk dipenuhi oleh seorang kepala daerah. Ini berarti, saat Provinsi Sumatera Barat diganjar anugerah Dana Rakca yang menjadi simbul kinerja keuangan daerah, tiga kepala daerah penerima Leadership Award juga memiliki kontribusi besar. (Rahmat Sitepu)
 
Top