N3 Payakumbuh - Walikota Payakumbuh, Riza Falepi bersama Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno hadiri Malam Puncak Payakumbuh Botuang Festival (PBF) Tahun 2017 yang digelar di Puncak Objek Wisata Ampangan Keluarahan Kapalo Koto Ampangan Kecamatan Payakumbuh Selatan, Sabtu malam (02/11).

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno hadir bersama Walikota Payakumbuh Riza Falepi, Ketua DPRD, YB. Dt. Parmato Alam, Ketua Komisi V DPRD Sumbar Supardi, Kepala UPT. Taman Budaya, Masuari, Ketua Komisi V DPRD Sumbar, Supardi dan juga hadir ibu Nevi Zuarina Irwan Prayitno, ibu Henny Yusnita Riza Falepi, Kadisparpora Payakumbuh, Elfriza Zaharman, Wakapolres, Edisra, Camat, Doni Prayuda, Pimpinan OPD, insan media, undangan dan ribuan pengunjung.

Meskipun gerimis, namun tidak mengurangi rasa antusias pengunjung menyaksikan semua penampilan malam puncak PBF 2017 ini, berbagai grup musik dan seni ditampilkan. Seperti  grup Minang Pentagong, RRCI, Orchestra, Talago Buni, Taufik Adam, Puisi, Iyut Fitra, Tari dan penampilan Citra Scolastica.

Salah satu penampilan istimewa dan sangat menghibur adalah grup band asuhan Gubernur Irwan Prayitno yang tampil di malam puncak ini, gubernur Irwan Prayitno memperlihatkan kebolehannya sebagai dramer di grup yang telah berdiri selama 3 tahun ini, yang bernama IP band.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dalam sambutannya menyampaikan aprsesiasi dengan masyarakat Kota Payakumbuh. "apresiasi kepada Ketua Komisi V DPRD Sumbar, Supardi yang begitu peduli dengan perkembangan dan petumbuhan seni, budaya dan kreasi yang mempertahan kearifan lokal", ungkap Gubernur.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi mengatakan, Kelurahan Ampangan merupakan sentra pengrajin olahan bambu di Payakumbuh. Inilah alasan panitia menjadikan lokasi ini sebagai pusat kegiatan. Kelurahan ini merupakan kelurahan yang ramai dan terletak di ketinggian untuk wilayah Payakumbuh. daerah ini berbatas langsung dengan Kab. 50 Kota. "kami sangat terharu dengan antusias warga yang hadir di malam puncak PBF," ucap Walikota Riza Falepi.

Sebelum penutupan malam puncak PBF 2017 ini,  sejak paginya berbagai atraksi dan pertunjukan budaya lokal Payakumbuh telah disaksikan oleh pengunjung PBF yang datang dari Sumatera Barat, nasional dan internasional sebanyak 16 negara ikut andil serta menghadirkan 100 orang lebih pengamat dan peninjau yang menyaksikan penampilan seperti pertunjukan silat lumpur di tengah sawah, pacu itik, seni budaya lokal lainnya dan ditutup dengan makan bajamba di hamparan sawah puncak Ampangan Kecamatan Payakumbuh Selatan. (Rahmat Sitepu)
 
Top