N3 Payakumbuh - Kegiatan Jamkeskel di Kelurahan Payobasung sudah berlangsung sejak bulan Mei 2017 lalu yang dikelola Gebu (Gerakan Seribu) Payobasung. Melalui Gebu Payobasung dapat menjadi contoh bagi kelurahan dan nagari lainnya di wilayah BPJS Kesehatan cabang Payakumbuh dimasa akan datang.

Camat Payakumbuh Timur Linda Keprinaldi kepada wartawan, Selasa (19/12) di ruang kerjanya, mengapresiasi serta memuji terobosan dan inovasi yang dilakukan Lurah Payobasung, Irwandi yang berhasil melahirkan Gebu (Gerakan Seribu Payobasuang) untuk membantu masyarakat kurang mampu di kelurahannya yang belum terkaver jaminan JKN-KIS.

“Saya bangga dan apresiasi dengan ide, gagasan dan inovasi yang dilakukan Lurah. Lahirnya Gebu ini juga diapresiasi Walikota. Ini harus menjadi contoh bagi kelurahan lainnya terutama dikecamatan Payakumbuh Timur kedepan. Dengan begitu tidak ada lagi masyarakat yang tidak terkaver jaminan kesehatan program JKN-KIS,” sebut Linda Keprinaldi.

Sementara itu Lurah Payobasung Irwan, mengaku terinspirasi melahirkan Gebu melihat dari apa yang dilakukan anggota TNI didaerah lain. “Saat itu saya mendengar ada anggota TNI menyebut bahwa uang Rp 1000 rupiah memang tidak banyak yang dapat saat dibelanjakan. Tapi kalau sudah dikumpulkan bisa membangun rumah, bedah rumah dan lainnya. Dari situlah saya berfikir bagaimana uang 1000 ini dikumpulkan dan dapat menolong masyarakat kurang mampu untuk berobat dengan mendaftarkannya dalam program JKN-KIS,” sebut Lurah muda enerjik itu kepada wartawan.

Dia juga menyebut awalnya hanya ada 40 orang masyarakat kurang mampu yang akan dibantu melalui donasi Gebu. Namun kini baru berjalan sejak Mei lalu sudah bisa memberikan jaminan kesehatan kepada 47 orang masyarakat kurang mampu diwilayahnya (Rahmat Sitepu)
 
Top