Keponakan Wakil Ketua DPRD Payakumbuh Thoriq bin Edi Rahmad Raih Prestasi Juara Tahfizh 30 Juz Internasional

N3 Payakumbuh - Kemenakan kandung H. Wilman Singkuan Dt Parpatiah wakil ketua DPRD kota Payakumbuh, luar biasa karena meraih Juara Tahfizh 30 Juz Internasional Thoriq bin Edi Rahmad anak warga Sianok Bukittinggi Edy Rahmat.

Disampaikan Ketua Persatuan Masyarakat Indonesia di Qatar (Permiqa) Edwin Kurniawan kepada wartawan via selulernya, Jumat (15/12) malam, Thoriq merupakan putra Ketua Indonesia Diaspora Network (IDN) Kuwait, Edi Rahmat yang adik dari Wakil Ketua DPRD Kota Payakumbuh H. Wilman Singkuan Dt Parpatiah, prestasi internasional itu diraihnya pada lomba Mussabaqah Tilawatil Quran (MTQ) “Sheikh Jasim bin Muhammad bin Thani Competition” di Qatar. Atas keberhasilannya itu, Thoriq mendapatkan hadiah uang QAR 100,000 atau sekitar Rp348 juta.

Menurutnya, kejuaraan dilakukan dalam tiga babak, babak awal terdapat 600 peserta kemudian mengerucut menjadi 15 peserta dan selanjutnya babak final menyisakan lima orang. “Alhamdulillah. Thoriq satu-satunya wakil dari Indonesia yang sampai tahap akhir dan akhirnya menjadi juara pertama," ujarnya.

Selain mendapat hadiah uang QAR 100,000, Thoriq juga menerima program beasiswa pendidikan di Qatar menyisihkan 600 pesaing dari manca negara.  Menurut Edwin, karena Qatar lagi diblokade oleh negara tetangganya Edi Rahmat kesulitan mengirim uang hadiah karena pembatasan dari Pemerintah Qatar. “Terpaksa uangnya dikirim nyicil karena tidak bisa sekaligus,” ujar anggota IATMI Qatar itu.

Terpisah H Wilman Singkuan Dt Parpatiah sangat bahagia dan bangga atas prestasi kemenakannya ini. Mewakili Indonesia, anak Sianok kini berpretsasi dunia.

Sheikh Jassim Bin Muhammad Holy Qur’an Competition adalah kompetisi musabaqah yang paling prestisius di Qatar dengan hadiah yang cukup besar bagi pemenang yang didedikasikan untuk mengenang komitmen terhadap nilai-nilai mulia Sheikh Jassim Bin Muhammad Al-Thani sebagai pendiri negara Qatar.

Sementara Edi Rahmat lulusan ITB itu juga anggota Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia (IATMI) di Kuwait terbang ke Doha setelah memperoleh undangan panitia MTQ guna menghadiri penyerahan hadiah. (Rahmat Sitepu)
Previous Post Next Post