N3 Payakumbuh – Kawasan Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah kota Payakumbuh, sekarang dilengkapi fasilitas olahraga. Diketahui selama ini kawasan tersebut merupakan lokasi olahraga favorit warga kota Payakumbuh. "Kita ingin menambah Ruang Terbuka Hijau (RTH), taman-taman yang indah. Sehingga menjadi destinasi olahraga masyarakat," ungkap Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Payakumbuh Elfriza Zaharman kepada wartawan, Rabu (6/12), sambil mencoba satu per satu peralatan fitnes yang ada.

Ratusan warga Payakumbuh setiap hari Minggu pagi biasanya memanfaatkan Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah sebagai tempat olahraga.

"Kita kan tahu, Kawasan ini jadi tempat olahraga warga. Ada yang senam, taichi, jogging. Nah, ini kita lengkapi dengan fasilitas fitnes," kata Cece panggilan akrab Elfriza Zaharman.

Sejumlah fasilitas ini, bisa dinikmati warga setiap hari, secara gratis. Meski demikian, Cece mengingatkan agar fasilitas Fitnes Outdoor ini dijaga bersama. "Silakan dipakai. Tapi juga harus dijaga bersama," pungkasnya.

Ada beberapa peralatan fitnes,  diantaranya Bicycle berfungsi untuk melatih otot-otot didaerah sekitar paha,kaki dan lutut agar tidak terlihat kaku, Chest Press buat melatih otot dada, bahu dan tangan, Elliptical trainer versi tangan diam (ngarang) dan Elliptical trainer atau cross trainer buat otot tubuh bagian bawah.

Semua alat fitness disini di-design supaya menggunakan beban dari badan penggunanya, jadi lumayanlah buat pemula. Olah raga menjadi semakin terasa manfaatnya kalo makanan yang dikonsumsi juga ga sembarangan, kurangin gula, garam, makanan berlemak, dan banyak minum air putih.(Rahmat Sitepu)
 
Top