N3, Agam ~ Peranan generasi muda dalam mengisi pembangunan, ikut menentukan masa depan bangsa Indonesia. Karena itu, diperlukan perhatian serius terhadap pertumbuhan generasi muda Indonesia.

Salah satu langkah yang diambil pemerintah dalam meningkatkan kualitas penduduk adalah dengan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Dengan harapan mampu membawa masa depan Indonesia ke arah yang lebih baik lagi.

“Untuk meningkatkan kualitas penduduk, tentunya harus dimulai dari saat proses ibu hamil, melahirkan dan tumbuh kembang balita. Inilah yang menjadi tanggungjawab dari BKKBN di samping pelaksanaan program-program lainnya,” ujar anggota komisi IX DPR RI, M Iqbal saat Sosialisasi KIE Kreatif 2017 di Tanjung Sani, Agam.

Disebutkan, Indonesia merupakan Negara yang sedang berkembang. Untuk menjadi sebuah Negara maju, tentunya perlu disiapkan langkah kongkret terutama program-program yang mengarah pada perbaikan kualitas penduduk.

Karena, jumlah penduduk yang banyak dipastikan akan mempengaruhi ketersediaan lahan, yang akan berorientasi pada penyempitan lapangan pekerjaan. Di mana, persoalan ini dikhawatirkan akan memicu pertumbuhan kesenjangan sosial di tengah-tengah masyarakat.

“Inilah sebabnya, mengapa pemerintah getol mengajak masyarakat untuk ikut program-program BKKBN. Karena tujuan dari program tersebut, tak lain adalah untuk memperbaiki kualitas penduduk salah satunya dengan menciptakan keluarga kecil bahagia,” ungkap Kabid Advokasi Pergerakan dan Informasi BKKBN Sumbar, Imran. (zul)
 
Top