N3 Payakumbuh -  Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh laksanakan pelatihan Pengembangan Inovasi Desain Tenun Kota Payakumbuh, di Rumah Produksi dan Galeri Tenun Balai Panjang, Kota Payakumbuh, Rabu (13/12)

Acara ini dihadiri oleh Ketua Dekranasda Ibu Hj. Henny Riza Falepi, dan sekaligus membuka secara resmi Pelatihan Pengembangan Inovasi Desain Tenun Balai Panjang yang juga di hadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM yang diwakili oleh Sekretaris Andri Narwan, Kabid Perindustrian M. Faizal, Sekcam Payakumbuh Selatan, Maryulinda, Kabid Kehumasan Dinas Kominfo Henry Waluyo, Kabid Pemuda dan Olahraga Doni Saputra yang sekaligus sebagai LPM Kelurahan Balai Panjang, Lurah Balai Panjang, dan tamu undangan lainnya.

Ketua Dekranasda Ibu Hj. Henny Riza Falepi mengucapkan terima kasih atas kedatangan dari desainer Indonesia Tuti Adib yang telah menyempatkan hadir bersama kita, karena kesibukan beliau sebagai desainer dari Bapak Presiden Joko Widodo, "terimakasih telah hadir dan berbagi ilmu untuk pengrajin Tenun Kota Payakumbuh, "ucap Ketua Dekranasda.

Ketua Dekranasda juga Menyampaikan terimakasih, karena Tenun Balai Panjang juga akan di bawa oleh Desainer Indonesia Tuti Adib ke Istana Negara Indonesia untuk di perkenalkan ke ibu Negara Iriana Joko Widodo, "kata Hj. Henny Riza Falepi.

Hj. Henny Riza Falepi juga berharap dengan adanya pelatihan ini, nantinya kita dapat membuat desain yang lebih moderen dan lebih update, islihanya "model Zaman Now" maka Tenun Balai Panjang dapat berkembang lebih pesat lagi dengan keberanian berkreasi, "harap Ketua Dekranasda.

Payakumbuh Fashion week merupakan salah satu iven yang diadakan oleh Kota Payakumbuh beberapa waktu yang lalu, merupakan salah satu kegiatan yang mengangkat pertama kali nama Tenun Balai Panjang ke kancah Nasional dan menjadikannya menasional maupun dikenal secara internasional. "ungkap Ketua Dekranasda.

Desainer Indonesia Tuti Adib dalam sambutannya mengatakan, Tenun Sumatera Barat sangat terkenal di Indonesia dan bahkan termasuk Tenun terbesar di Dunia, "Tenun Tradisional Sumatera Barat termasuk Tenun terbesar di Dunia, semoga dengan terus melakukan Pelatihan-Pelatihan seperti pelatihan sekarang ini maka, Tenun Balai Panjang nantinya bisa Mendunia, "sebut Tuti Adib.

Desainer Tuti Adib juga berbagi ilmu tentang desain, "Kita nantinya bisa menggabungkan antara desainer motif dengan desainer pengrajin, sehingga kedepannya bisa menghasilkan produksi yang inovatif dan kreatif serta berdaya saing tinggi, "ungkap Desainer Tuti Adib.

Kadis Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh yang di wakili oleh Kabid industri M. Faizal menyampaikan, pelatihan ini diikuti oleh 10 kelompok pengrajin IKM (industri Kecil Menengah) yang terdiri dari 8 kelompok pengrajin Tenun dan 2 kelompok pengrajin Bordir, pelatihan ini berlangsung selama, tanggal 13 sd 19 Desember 2017 yang dilanjutkan dengan praktek secara langsung di Rumah Produksi dan Galeri Tenun Balai Panjang, Kota Payakumbuh, "pungkas Faizal . (Rahmat Sitepu)
 
Top