N3 Payakumbuh -  Pelatihan Pengembangan Inovasi Desain Tenun Balai Panjang yang di Adakan oleh Dinas Koperasi dan UKM di Rumah Produksi dan Galeri Tenun Balai Panjang, Kota Payakumbuh, yang dibuka secara resmi oleh Ketua Dekranasda Kota Payakumbuh Ibu Hj. Henny Riza Falepi, Rabu (13/12)

Pelatihan Pengembangan Inovasi Desain Tenun Balai Panjang ini berlangsung mulai tanggal 13 sd 19 Desember 2017, dengan mendatangkan desainer Indonesia Tuti Adib yang merupakan desainer ternama Kepresidenan Joko Widodo.

Menurut Tuti Adib desainer Indonesia klu kita bicara Sumatera Barat, pasti ada Tenun, jadi Payakumbuh Tenun Balai Panjang diharapkan nantinya dapat bersaing di kancah industri Nasional maupun internasional, "kata desainer Tuti Adib.

Tuti adib juga mengatakan, sekarang ini lagi trendnya memakai software untuk motif Tenun, dan nanti akan ada desain grafisnya yang akan membantu pengrajin untuk mendisainnya, jadi perpaduan ahli desain grafis dan ahli Tenun serta pengrajin, sehingga diharapkan Tenun Balai Panjang menghasilkan karya terbaik yang bisa bersaing dan Mendunia, "harap desainer Tuti Adib.

Tuti adib juga menyampaikan, Tenun dulu hanya dipakai untuk acara adat, dengan adanya Inovasi-inovasi dan kemajuan zaman, Tenun sekarang bisa dipakai untuk busana acara resmi bahkan untuk sehari-hari, "ungkap Desainer Tuti Adib.

Kelompok Tenun Balai Panjang yang terdiri dari beberapa kelompok diantaranya, Kelompok Tenun Pen"d, Tenun Mimi Songket, Tenun Nur Cahaya, yang tergabung dalam kelompok binaan dari Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh yang di Rumah Produksi dan Galeri Tenun Balai Panjang, Kota Payakumbuh.

Efrianti salah seorang pengrajin Tenun Balai Panjang yang tergabung dalam kelompok Tenun Pen"d mengatakan, Tenun Balai Panjang mempunyai ciri khas tersendiri, "Ciri khas dari Tenun Balai Panjang ditandai dengan motiv cungkit (cukia) dengan khas naik tiga turun tiga, seperti kotak papan catur, "terang Efrianti.

Pelatihan yang diberikan Pemerintah Kota Payakumbuh kepada pengrajin Tenun Balai Panjang ini sangat berarti sekali bagi kami, terima kasih kepada Pemko Payakumbuh yang telah memberikan pelatihan yang mendatangkan desainer bertaraf Nasional ini, "kami berharap semoga Tenun Balai Panjang ini bisa belajar dan mendalami dari teknik tenunan, motif tenunan dan jenis material bahan-bahan untuk menghasilkan Tenun Balai Panjang terbaik nantinya," harap Efrianti . (Rahmat Sitepu)
 
Top