Bakar Sampah Sembarangan Ramayana Payakumbuh Nyaris Jadi Abu

N3 Payakumbuh – Gumpalam Asap hitam yang menggumpal dan membumbung tinggi ke udara bersumber dari atas bangunan pusat pertokoan modern Ramayana yang berada di jantung kota jalan Jenderal Sudirman Payakumbuh, Senin (4/12) sekira pukul 11.30 Wib sempat membuat warga panik.

“Ramayana tabaka…Ramayana tabaka,” teriak warga berhamburan ke jalan raya menyaksikan gumpalan asap yang menggumpal ke udara.

Tak hanya warga yang tinggal disekitar Ramayana itu saja yang berlarian panik, pegawai Bank Nagari Cabang Payakumbuh yang pas bersebelahan dengan gedung pusat perbelanjaan modern itu, juga dicekam ketakutan dan berhamburan ke luar kantor Bank Nagari tersebut, termasuk pegawai Lembaga Pemasyarakat (LP) Payakumbuh yang posisi bangunannya pas berada di sebelah kanan gedung Ramayana tersebut juga berlarian keluar LP.

Tiga unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) milik Pemko Payakumbuh datang ke lokasi untuk memadamkan api.
Sedangkan sejumlah anggota polisi Lalulintas dari Polres Payakumbuh, tampak sibuk mengatur lalulintas yang sempat macet di jalan Jenderal Sudirman Payakumbuh.

Tak berselang lama, tiga unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) milik Pemko Payakumbuh datang ke lokasi berencana untuk memadamkan api. Namun, ketika personil Damkar akan melakukan pemadaman, dari atas bangunan gedung Ramayana tersebut melambai-lambai tangan 3 orang kariawan Ramayana memberikan isyarat bahwa tidak terjadi apa-apa atau kebakaran di gedung Ramayana tersebut.

Meski kariawan Ramayana tersebut sudah memberi isyarat tidak terjadi di gedung paling atas bangunan itu, namun sesuai dengan motto Damkar yang berbunyi ‘Pantang Pulang Sebelum Padam’ itu meminta asap yang membumbung tinggi ke udara itu dipastikan padam.


Kabid Damkar Pemko Payakumbuh, Ul Fakhri didampingi Kasi Operasional, Ahdion, langsung menuju sumber yang berada di lantai atas bangunan gedung Ramayana.
Hal hasil, Kabid Damkar Pemko Payakumbuh, Ul Fakhri didampingi Kasi Operasional, Ahdion, langsung menuju sumber yang berada di lantai atas bangunan gedung Ramayana tersebut.

Setelah api yang bersumber dari unggunan sampah itu dipastikan padam, barulah petugas Damkar meninggalkan pusat pertokoan modern Ramayanan tersebut.

Salah seorang bagian personalia Ramayana, Susan, ketika ditanya wartawan mengatakan bahwa, karyawan yang membakar sampah di atas bangunan Ramayana tersebut tujuannya untuk membersihkan lantai paling atas rencananya akan dimanfaatkan untuk lapangan futsal.

“Dibersihkannya lantas atas ini rencananya akan dijadikan lapangan futsal. Namun, manajemen tidak memerintahkan kepada kariawan untuk membersihkan dengan cara membakar,” sebut Susan.

Sementara terkait  adanya upaya pembakaran sampah oleh masyarakat, baik pengelola bangunan pertokoan yang ada di Kota Payakumbuh, menurut Kabid Damkar Payakumbuh, Ul Fahkri, sudah bertentangan dengan Surat Edaran Walikota Nomor: 11/SE/WK-PYK/2017  tentang penanggulangan bahaya kebakaran.

“ Meski upaya pembakaran sampah yang dilakukan kariawan Ramayana belum ada unsur pelanggaran, namun pembakaran sampah ini sempat membuat heboh warga kota. Ini adalah warning bagi  Ramayana karena telah membuat orang panic,” pungkas Ul Fakhri (Rahmat Sitepu)
Previous Post Next Post