N3 Payakumbuh - Dalam rangka HUT kota Payakumbuh ke 47. Pengurus Porbi kota Payakumbuh menggelar Alek Buru dengan lingkup se-Sumatera -  Jawa .(24/12)

Pada malam sebelumnya (23/12) sekitar 5000 peserta  dari berbagai penjuru daerah di Sumatera dan pulau Jawa telah berdatangan ke lokasi perburuan di rimba perbukitan sepanjang jalan bypass antara Ngalau Indah dan kelurahan Talang.

Robby Setiadi Hardana, ketua Panitia Alek Buru Payakumbuh mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah disamping sebagai olah raga berburu juga untuk menjalin hubungan silarurahmi dengan sesama  para peserta alek buru di Payakumbuh ini.

"Untuk menyambut kedatangan  para peserta perburuan yang datang dari seluruh penjuru daerah maka kita menghibur mereka  dengan kesenian tradisional  Saluang Dendang. Semoga para dunsanak yang datang dari jauh dapat terobati lelahnya dan bisa bersemangat berburu bersama besok hari", ujar Robby.

Hadir pada malam hiburan pembukaan Alek Buru Payakumbuh tersebut Walikota  Payakumbuh yang diwakili Asisten 1 Iqbal Bermawi,  Ketua DPRD YB. Dt. Parmato, Kepala Dinas Parpora Payakumbuh Elfriza Zaharman, Kapolresta Payakumbuh diwakili Bhabinkamtibmas, pengurus PORBBI Payakumbuh, Ninik Mamak, serta tokoh masyarakat setempat.
 
Ketua DPRD YB.Dt. Permato Alam dalam sambutannya mengatakan berburu babi adalah salah satu tradisi yang sudah turun temurun bagi laki laki di Minangkabau.

"Selamat berburu kepada para dunsanak peserta semuanya semoga hubungan silaturahmi sesama kita terjalin dengan baik hendaknya", ucap Dt. Parmato Alam sekalian membuka secara resmi acara Alek Buru Payakumbuh. (Rahmat Sitepu)
 
Top