N3, Padang Panjang - Sebanyak 360 pesilat dari pelajar SMP dan SMA se-Sumatera Barat ikuti kejuaraan Pencak Silat OSIS Cup yang digelar di GOR Khatib Sulaiman Banca Laweh mulai tanggal 26 hingga 29 Desember nanti.

Kegiatan yang bertepatan dengan masa libur sekolah ini, sengaja dilaksanakan untuk mencari bibit-bibit Pesilat yang akan mengharumkan nama Sumatera Barat ditingkat Nasional dan Internasional.
Walikota Padang Panjang yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Drs.Afrizal,M.Pd dalam sambutannya saat membuka langsubg Kejuaraan Silat OSIS Cup, Senin (25/12) malam kemarin menyampaikan, dirinya sangat mengapresiasi kejuaraan yang digagas oleh organisasi pelajar di Kota Padangpanjang tersebut.

“Selain untuk mengisi waktu libur semester, kegiatan ini juga mampu menjaring bibit-bibit pesilat professional. Apalagi, Silat merupakan salah satu kebudayaan dari masyarakat Minangkabau yang dipelajari secara turun temurun,” kata Afrizal.

Afrizal juga menambahkan,pelestarian ilmu beladiri Silat sudah menjadi mata pelajaran yang diakomodir oleh Kurikulum 2013 dan KTSP. Meskipun dalam penerapannya, belum seluruh sekolah menerapkannya.

“Kita dari Dinas Pendidikan menyadari, tidak semua guru olahraga memiliki pengetahuan tentang ilmu Silat, tetapi sejumlah sekolah sudah banyak melaksanakannya, termasuk saya sendiri ketika masih menjabat sebagai Kepala SMPN 1 Padang Panjang, sengaja saya datangkan pelatih silat untuk mengajar disana,” ujar Afrizal.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Fhisty Muiz Maghfirah dalam laporannya menyampaikan, kegiatan yang telah direncanakan sejak tahun ajaran baru sekolah tersebut, memang sengaja baru bisa dilaksanakan pada musim libur semester, karena ada berbagai pertimbangan.

“Kami dari OSIS Kota Padang Panjang juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dan perhatian dari Pemerintah Kota Padang Panjang, Ketua DPRD, Pemprov IPSI Sumatera Barat, Kepala Dinas Pendidikan dan jajaran, serta pihak-pihak yang terlibat untuk menyukseskan kegiatan ini,” ucap Ketua OSIS SMAN 3 Padang Panjang itu.

Fhisty juga menyampaikan, untuk peserta yang mengikuti kejuaraan Silat OSIS Cup antar Pelajar SMP dan SMA se-Sumetara Barat tersebut berjumlah 360 peserta dengan 12 cabang yang dipertandingkan.

Kejuaraan Silat OSIS Cup secara resmi dibuka dengan tanda pemukulan gong oleh Sekretaris Disdikpora yang didampingi oleh Ketua Panitia dan Pengurus Perguruan Silat. (ri)
 
Top