N3 Payakumbuh - Dinas pertanian kota payakumbuh turut serta berpartisipasi pada acara Alek Buru kota Payakumbuh. Melalui Posko Puskeswan gratis yang stand by di jalan bypass area perburuan Ngalau Indah - Talang.

Kepala Dinas Pertanian Ir. Syahril melalui kepala Puskeswan Drh. Yessi mengatakan panitia Alek Buru kota Payakumbuh telah melayangkan surat permintaan pelayanan kesehatan kepada kantor Dinas Pertanian Kota Payakumbuh.(24/12)

Sejak dari pagi sampai jam 1:22 tadi  sudah ada 6 anjing pemburu yang telah datang untuk diberikan pelayanan. "Rata rata terjadi luka robek karena serangan hama babi hutan yang melakukan perlawanan. Dari 6 anjing pemburu yang dibawa ke posko pelayanan, 1 ekor dengan label 03 di badannya tidak tertolong, 2 luka ringan dan 3 luka berat atau serius", ujar Drh. Yessi.

Asro Zulfahmi (41) asal padang karambie salah seorang pemilik anjing yang terluka pada 3 bagian anggota tubuhnya mengatakan sangat puas dengan pelayanan puskeswan di lokasi alek buru  kota Payakumbuh ini.

"Terima kasih kepada tim medis kesehatan hewan yang membantu menjahit luka yang diderita ternak saya", ucap Asro yng biasa dipanggil Saron ini

Ketua Porbbi kota Payakumbuh Robby Setiadi Hardana mengatakan pihak Porbbi Payakumbuh telah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Hewan.

"Ada banyak bahkan puluhan anjing pemburu yang terluka di dalam rimba sana Karena dalam perburuan ini yang di kejar adalah hama babi hutan yang liar. Dalam mempertahankan diri babi hutan ini jadi ganas dan bisa melukai anjing pemburu", ujar Robby. (Rahmat Sitepu)

 
Top