N3 Payakumbuh – Ketua DPRD Kota Payakumbuh YB. Dt. Parmato Alam menghimbau kepada seluruh IKM agar mempersiapkan tenaga yang handal dan memiliki potensi sehingga lebih mempunyai daya saing dalam dunia usaha.

Hal ini disampaikan YB. Dt. Parmato Alam dalam wawancara dengan www.nusantaranews.net di ruang kerjanya. (27/11).

“Untuk memacu produktivitas dan daya saing IKM, kami akan memberikan fasilitas berupa pengembangan produk, restrukturisasi mesin dan peralatan, serta promosi dan pameran. Selain itu juga akan dilaksanakan program bimbingan teknis, start-up capital, pendampingan, dan fasilitasi izin usaha industri," tutur Dt Parmato Alam.

Diterangkan lagi, untuk mencapai hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian memberikan landasan yang cukup kuat bagi terlaksananya pengembangan industri secara nasional, khususnya pemberdayaan Industri Kecil dan Menengah (IKM), maka pemerintah nantinya akan berupaya untuk memfasalitasi IKM yang ada di Kota Payakumbuh.

Kita siap menganggarkan, kalau perlu kita akan mempersiapkan konsultan handal untuk memberikan pembekalan intensif kepada para pelaku IKM yang berada di Kota Payakumbuh. Diharapkan dinas terkait agar membuat jadwal pembekalan bagi mereka dengan menyiapkan narasumber yang kompeten”, terangnya.

“Kalau pelaku IKM bisa memproduksi sendiri, mereka dapat berkonsultasi tentang pembuatan kemasan yang lebih baik untuk produk-produknya sesuai selera pasar saat ini, pada akhirnya nanti mereka bisa membuat branding dari produk yang dihasilkan, dan bukan tidak mungkin seluruh wilayah yang ada di Kota Payakumbuh memiliki Kampung-kampung IKM sesuai dengan ciri khas branding produk mereka,” pungkasnya. (Fajar Sitepu)
 
Top