Walikota Payakumbuh : Mari Kita Tingkatkan Inovasi dan Kreatifitas Pengolahan Dengan LCM-B2SA

N3 Payakumbuh  - Dinas Ketahanan Pangan Kota Payakumbuh gelar lomba pengolahan pangan lokal non beras non terigu di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan, Jln. Imam Bonjol Kel. Padang Tinggi, Payakumbuh Barat, Rabu (22/11).

Kegiatan dihadiri oleh Walikota yang diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Ruslayetti, Plt. Kepala dinas ketahanan pangan, Wal Asri, TP PKK kota dan kecamatan, sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), camat, hadirin dan undangan lainnya.

Walikota Payakumbuh yang diwakili oleh Staf Ahli Ruslayetti menyampaikan bahwa Walikota Payakumbuh memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. “Konsumsi pangan alternatif seperti singkong, jagung atau sagu masih sulit dijadikan gaya hidup, hal ini disebabkan masih rendahnya inovasi teknologi pengolahan pangan, selain itu juga disebabkan konsumsi pangan tersebut diidentikkan sebagai konsumsi orang tidak mampu,” ujar Ruslayetti.

Ruslayetti menambahkan, “Melalui kegiatan ini kiranya dapat memotivasi dan mengajak masyarakat untuk mau mengembangkan olahan pangan lokal non beras non terigu yang dimulai dari tingkat rumah tangga, sehingga nantinya dapat kita biasakan anak-anak kita mengkonsumsi pangan lokal, ” harap Ruslayetti.

Sementara itu, Wal Asri selaku panitia pelaksana melaporkan bahwa lomba tersebut diikuti oleh 19 peserta yang terdiri dari 14 kelompok wanita tani (KWT) dan 5 TP PKK kecamatan se-kota Payakumbuh.

“Kegiatan ini selain bertujuan untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap produk olahan pangan lokal non beras non terigu, juga untuk memperkenalkan berbagai olahan  pangan lokal serta mendorong peningkatan kreativitas masyarakat dalam menciptakan kreasi olahan pangan lokal non beras non terigu, ” lapor Wal Asri.

Dewan juri dalam kegiatan tersebut terdiri dari beberapa unsur, yaitu dari TP PKK kota Payakumbuh,  Erni Roska, Politani, Rahzarni, Eliyaryani dari SMK 3 Payakumbuh dan Dinas Ketahanan Pangan diwakili Wal Asri dan Alitismal.

Adapun pemenang lomba pengolahan lokal non beras non terigu tahun 2017 yaitu, juara 1 dari PKK Kec. Latina, juara 2 KWT Mutiara Hati Latina, juara 3 PKK Muaro Payakumbuh Utara, Harapan I KWT Tanjung Jaya Payakumbuh Timur dan Juara Harapan II PKK Kel. Payobasung Payakumbuh Timur.

Para pemenang mendapatkan hadiah uang tunai dengan juara 1 sebesar 2 juta, juara 2 1,750 ribu, juara 3 1,5 juta. kemudian untuk harapan 1 sejumlah 1,250 juta dan harapan 2 sebesar 1 juta. (Rahmat Sitepu)
Previous Post Next Post