N3 Payakumbuh  - Wakil Walikota Payakumbuh H.Erwin Yunaz, secara resmi  membuka kegiatan manasik haji  yang diikuti oleh 317 Calon Jamaah Haji (CJH) kota Payakumbuh musim haji tahun 1439 H/2018 M yang berlangsung di Aula Kantor Kemenag, Jalan Pahlawan Sawah Padang, Kamis (23/11).

Turut hadir dalam kesempatan ini  Ketua DPRD Kota Payakumbuh H. YB.Dt. Permato Alam, Kepala Kantor Kemenag H.Asra Faber, Ketua MUI Kota Payakumbuh H.Mismardi, BA, sejumlah pimpinan OPD, Ketua IPHI  H.Rudy Noviardi, Pimpinan Perbankan, Pengurus KBIH, jajaran Kemenag dan sejumlah undangan lainnya.

Wakil Walikota H. Erwin Yunaz dalam sambutan nya menghimbau kepada seluruh CJH untuk mempersiapkan diri terhadap segala kebutuhan pelaksanaan musim haji mendatang. “Persiapkan diri baik fisik maupun mental, terutama niat yang ikhlas, dan berusaha perbaiki amal ibadah dengan membuang segala yang kejelekan sifat dan sikap, kemudian menjaga kesehatan. Agar pelaksanaan ibadah di tahun depan bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” ujar Erwin.

Kembali Wawako Erwin menekankan agar para CJH untuk mengikuti kegiatan manasik haji dengan sungguh-sungguh dan serius. “Kami kembali menghimbau Bapak Ibu, calon jamaah haji untuk benar-benar memanfaatkan seluruh kegiatan manasik ini, sehingga pada pelaksanaan haji nanti sesuai dengan rukun dan syaratnya dan meraih prediket haji yang mabrur, “simpul wawako. 

Sementara itu Kepala Kantor Kemenag H. Asra Faber dalam laporannya menyebutkan  CJH kota Payakumbuh yang reguler sebanyak 302 ditambah cadangan 15 orang sehingga berjumlah 317 jamaah.

“Dan bila dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah jamaah haji kota Payakumbuh sebanyak 212 orang, ini artinya terjadi peningkatan yang luar biasa, mudah-mudahan yang cadangan pun bisa berangkat,” ujar Asra.

Dikatakannya walaupun rata-rata CJH banyak yang muda-muda dan fisiknya relatif lebih kuat. Namun jangan dianggap enteng ritual haji itu nanti. Untuk itulah kegiatan manasik ini sangat perlu diikuti oleh setiap calon haji. 

Ada lima lokasi tempat pelaksanaan manasik di Payakumbuh di antaranya Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Babussalam, KBIH Jamiatul Hujjaj IPHI, KBIH Arafah, KBIH Armina dan KBIH Asmaul Husna Payakumbuh. (Rahmat Sitepu)
 
Top