TIm Sinergi Perpuseru Provinsi Kunjungi Payakumbuh

N3 Payakumbuh - Tim Sinergi Provinsi Sumatera Barat untuk  Program Perpuseru, berkunjung ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Payakumbuh, Rabu minggu lalu, guna melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan Program Perpuseru di Perspustakaan Kelurahan/TBM  yang menjadi mitra Perpuseru, dipimpin ketuanya Drs. Besri Rahmad, MM dan anggota Sunyati.

Perpustakaan Kelurahan/ TBM di Payakumbuh yang sudah menjadi mitra Perpuseru ada 9 (sembilan) Kelurahan yaitu TBM Menara di Kelurahan Koto Panjang Padang, TBM Sunrise di Kelurahan Labuah Basilang, Perpustakaan Kelurahan Payolansek, Perpustakaan Kelurahan Limbukan, Perpustakaan Kelurahan Payobasung, Perpustakaan Kelurahan Padang Tangah Payobadar, Perpustakaan Taratak Padang Kampuang, Perpustakaan Kelurahan Tigo Koto Diateh, dan TBM Intro di Kelurahan Padang Tangah Balai Nan Duo. 

Masing-masing perpustakaan tersebut telah mendapatkan bantuan 3 (tiga) unit komputer dari Perpuseru.Di perpustakaan kelurahan tersebut juga sudah tersambung wifi dan bisa dipergunakan sebagai tempat berkegiatan anak-anak seperti mencari tugas sekolah, sehingga anak-anak tidak perlu lagi pergi ke warnet. Layanan internet yang tersedia di perpustakaan Kelurahan/TBM dapat diakses dengan gratis.

Besri, setelah melaksanakan monitoring dan evaluasi tersebut mengatakan, bahwa kegiatan pelibatan masyarakatan sudah banyak dilakukan di Perpustakaan Kelurahan/TBM, tetapi dalam pelaporannya pengelola perpustakaan masih kurang aktif. “Kita berharap pelaporan dari kegiatan perpustakaan selalu dibuat, sehingga bisa dipantau perkembangannya,” harap Besri.

Juga disampaikan Besri, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DPK) Provinsi Sumatera Barat saat ini ada program hibah buku bagi  Perpustakaan Kelurahan/Nagari. “Untuk itu, pengelola perpustakaan diminta  mengirimkan surat permohonan bantuan buku (buku-buku yang dibutuhkan) yang ditandatangani oleh Lurah ke DPK Provinsi Sumbar. Diharapkan dengan adanya program bantuan hibah buku ini akan menambah semangat pengelola perpustakaan kelurahan dalam pengembangan perpustakaan di kelurahan mereka masing-masing,” tukuknya.(Rahmat Sitepu)
Previous Post Next Post