Tambua Tansa Dan Silat Tradisi Undang Antusias Penonton Di Bagodang 2017

N3 Payakumbuh - Setelah Payakumbuh Bagodang 2017 dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Payakumbuh H. Erwin Yunaz, Malam nya disambut pagelarangan Tambua Tansa dari HAMBA BERSATU, yang mana Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi merupakan Ketua Dewan Penasehat, dan dewan Pembina H. Benni Warlis, Ketua Umum Meswadi Hendra, di Pentas Semi Permanen Kawasan Ngalau Indah Kota Payakumbuh, Rabu malam, (1/11).

Meski hujan mengguyur Kota Payakumbuh sejak sore hingga malamnya, tidak menyurutkan antusias masyarakat kota Payakumbuh untuk menyaksikan berbagai pagelarangan kemeriahan malam Bagodang 2017 ini.

Acara ini juga disaksikan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Efriza Zaharman, Kabid Pemuda dan Olahraga Doni Saputra, Sekretaris Dinas Kominfo Kota Payakumbuh Deldi Anggoro dan tamu undangan lainnya.

Kabid Pemuda dan Olahraga mengatakan Penampilan Tambua Tansa dan Silat tradisi aliran Sitarlak PS Talago Biru pada Pentas Seni Kota Payakumbuh ini, merupakan persembahan Paguyuban Daerah HAMBA BERSATU.  "Tambua Tansa yang dipercaya dulunya juga sebagai genderang perang penyemangat, karena perkembangan zaman, kesenian ini berobah menjadi persembahan untuk pesta rakyat,  pernikahan, khatam Quran, sunatan serta upacara istimewa lainnya.  Ungkap Doni.

Penampilan Silat aliran Sitarlak adalah Tradisi Para Pendekar dari Daerah Pantai Barat Minangkabau sekarang sudah menyebar ke berbagai daerah. "silat bukan hanya sekedar seni untuk beladiri,  sekarang telah menjadi salah satu cabang olahraga yang di pertandingkan di Nasional maupun internasional, "ungkap Doni.

Disamping pagelarangan Tambua Tansa dan Silat Tradisi, juga di gelar lomba Randai Tingkat Sumatera Barat di Pentas Permanen Kawasan Ngalau Indah ini.

Kabid Kebudayaan Nirdawati menyampaikan, lomba Randai Tingkat Provinsi Sumatera Barat ini di gelar selama dua malam ini, "penampilan malam ini randai dari Kota Bukittinggi,
Kota Payakumbuh, (puti kasumbo), Kabupaten Agam Ampek angkek (pamenan mato) dan dilanjutkan malam kedua Randai dari Padang panjang (lareh simawang) dan Randai dari Kota Payakumbuh. "terang Nirdawati.

Dengan adanya lomba Randai Tingkat Provinsi Sumatera Barat pada malam Bagodang ini, dapat melestarikan seni budaya Minang Kabau di bidang Randai dan sekaligus memeriahkan serta menghibur masyarakat Kota Payakumbuh di acara Payakumbuh Bagodang 2017.(Fajar Sitepu)
Previous Post Next Post