N3 Limapuluh Kota  - Pemerintah kabupaten Limapuluh Kota terus meningkatkan pelayan kesehatan bagi masyarakatnya. Buktinya, untuk tahun 2017 ini Pemkab melalui dinas kesehatan setempat, menargetkan 6 puskesmas lolos penilai agreditasi tim.

"Kita ingin seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Limapuluh kota teragreditasi oleh tim surveyor agreditasi puskesmas kementrian kesehatan. Alhamdullilah, untuk tahun ini ada 6 puskesmas yang akan dinilai,"ujar bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi ketika menyambut langsung kunjungan Tim agreditasi dari Komisi Akreditasi Puskesmas, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia di Pendopo rumah dinas bupati,  Labuah Basilang, Minggu, (26/11) malam.

Menurutnya, puskesmas adalah ujung tombak pelayanan publik di bidang kesehatan, untuk itu puskesmas yang ada di kabupaten Limapuluh Kota wajib memberikan pelayanan berkualitas, demi kepuasan masyarakat.

“Melalui agreditasi inilah kita bisa melihat sejauh mana kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan masing-masing puskesmas kepada masyarakatnya. Untuk itu, diperlukan penilaian oleh pihak eksternal dalam hal ini oleh Tim Surveyor Akreditasi Puskesmas,"katanya.

Diharapkan, dengan adanya penyelenggaraan akreditasi, Puskesmas di Kabupaten Limapuluh Kota dapat memenuhi standar pelayanan yang telah ditetapkan, guna meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara berkesinambungan.

"Kita berharap kunjungan ini, akan menimbulkan upaya dan perbaikan dari puskesmas yang dinilai, dalam meningkatkan kinerja dan penerapan manejemen resiko secara berkesinambungan dalam mewujudkan kabupaten sehat di kabupaten Limapuluh Kota,"tambahnya.

Irfendi menargetkan kedepan, seluruh puskesmas yang ada disetiap kecamatan bisa memberikan palayanan prima terhadap masyarakat yang membutuhkan. "Kalau perlu setiap puskesmas yang ada bisa menjadi puskesmas rawat inap, mengingat kabupaten Limapuluh Kota hanya memiliki satu rumah sakit yang keberdaannya cukup jauh dari kecamatan lainnya,"ungkapnya.

Senada dengan itu, kepala Dinas Kesehatan Limapuluh Kota, Tien Septino mengatakan akan terus mengupayakan percepatan agreditasi untuk seluruh puskesmas yang ada di kabupaten Limapuluh Kota.

"Untuk tahun 2016 lalu sudah ada Empat puskesmas yang teragreditasi, dan tahun ini bakal ada 6 puskesmas lagi yang akan dinilai. Target kita seluruh puskesmas akan teragreditasi paling lambat pada tahun 2019 nanti,"sebutnya.

Menurutnya, dengan adanya agreditasi ini, selain dapat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, juga akan memberikan jaminan  dan perlindungan untuk tenaga medis dalam meningkatkan kinerja puskesmas kedepan.

"Jadi, bukan hanya target Puskesmas terakreditasi di Limapuluh Kota, tapi bagaimana kedepannya kita memberikan pelayanan kepada masyarakat yang jauh lebih bermutu dan berkualitas,"pungkasnya.
      
Kesempatan itu, tim agreditasi Kemenkes yang terdiri dari 6 orang tersebut, nantinya akan melakukan penilaian untuk enam Puskesmas di Kabupaten Limapuluh Kota. Diantaranya, Puskesmas Daguang-daguang, Suliki, Halaban, Batu Hampa, Taram dan Puskesmas Piladang. (Rahmat Sitepu)
 
Top