N3, Padang - Kota Padang awal bulan Desember ini akan didatangi lebih dari setengah juta atlet -atlet karate berasal dari berbagai perguruan di Indonesia termasuk juga negara tetangga yakni, Brunei Darussalam, Vietnam, Malaysia dan Thailand. Kedatangan para atlet itu dalam rangka dilaksanakannya kejuaraan Padang International Karate Open Championship dimulai pada 1 hingga 3 Desember 2017.

Ketua Pelaksana Padang International Karate Open Championship, Alvira saat pertemuan bersama awak media, Selasa (28/11) di salah satu cafĂ© di Padang menyampaikan, untuk kejuaraan ini, para peserta telah berdatangan mulai tanggal 28, 29,30 November ini registrasi ulang. "Laga tanding dilaksanakan mulai 1-3 Desember di Gelanggang Olahraga Universitas Negeri Padang, Jalan Hamka, Airtawar Barat, Padang Utara,"  jelasnya.

Karate Open Championship tersebut ada enam kategori dan 54 kelas pertandingan dengan memperebutkan grand prize Rp100 juta.

Tujuan dari kegiatan kata Alvira secara umum, untuk membangun karakter bangsa dengan berolahraga, mengurangi hal dari penyimpangan, seperti berbau SARA serta perilaku yang bertentangan dengan nilai dan moral suatu bangsa yang mencintai damai. Tidak hanya itu, sebagai bagian evaluasi pembinaan karate yang tersebar di Sumbar dan mensinergikan dengan program pemko terkait kepariwisataan yang ada di daerah.

“Itu gambaran secara umum tujuan kami, dan tentunya di daerah paling tidak ketahanan atau persiapan agar dapat berangkat ke luar negeri ketika ada laga atau tanding sehingga tidak canggung,” katanya.

Disampaikan untuk juara umum akan mendapatkan prize Rp50 juta, ada piala bergilir dan juara umum per kategori pun akan mendapatkan prize sebesar Rp2 juta. Tidak hanya itu saja, aka nada prize ‘best of the best’ kelas junior dan senior baik putra dan putri. Negara yang baru terkonfirmasikan saat ini, satu tim dari Brunei Darussalam dan empat tim dari Malaysia, sedangkan dua negara lainnya masih dalam tahap dan terakhir besok (hari ini-red) akan datang.

"Sementara di dalam negeri antaralain, Papua, Jawa Barat, Kepri, Bengkulu, Riau, dan Sumut dan beberapa tim dari provinsi lain sedang dalam tahap proses konfirmasi kedatangan," ungkap Alvira.
 
Top