N3, Tanahdatar - Capaian-capaian program-program KB yang dinaungi BKKBN, tidak akan tercapai tanpa adanya dukungan dari pemerintah daerah, terutama masyarakat. Makanya, diperlukan komunikasi yang baik dengan masyarakat.

Jika komunikasi dengan masyarakat ataupun pada setiap orang, maka dengan mudah, apa yang menjadi program-program BKKBN tersebut bisa tersosialisasikan.

Itulah inti dari pelaksanaan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) kreatif tahun ini.

“Yang namanya KIE Kretif itu, bagai kita membangun komunikasi kita, apakah itu dengan masyarakat ataupun orang per orang.Tapi pesan (program KB, red) kita itu sampai,” ujar Kepala BKKBN Sumbar, Syahruddin saat sosialisasi KIE Kreatif di Jorong Batutaba, Kecamatan Batipuh Selatan, Tanahdatar.

Diakui, program-program yang ada di BKKBN tidak hanya terfokus pada program KB saja, namun juga program pengendalian penduduk. Mengingat jumlah penduduk Indonesia yang jumlahnya berada di peringkat keempat dunia.

Direktur Kespro BKKBN, Maryana menjelaskan, Komisi IX merupakan mitra kerja dari BKKBN. Karena itu, sudah menjadi tanggung jawab bagi instansinya untuk mengajak langsung anggota Komisi IX DPR RI, untuk melihat langsung impelementasi program-program KB hingga ke tingkat desa/nagari.

“Kegiatan ini terinspirasi bersama mitra kerja. Bagaimana DPR RI Komisi IX bisa melihat langsung seperti apa kegiatan BKKBN, seperti apa capaian program-program BKKBN untuk dijadikan evaluasi pada masa yang akan datang dalam pelaksanaan Program KB dan juga program-program lainnya,” jelasnya.

Anggota DPR RI, Betty Shadique Pasadique mengaku, sebagai salah satu mitra kerja dari lembaganya, pihaknya merasa bertanggungjawab untuk mengawasi setiap program yang dilaksanakan BKKBN. Agar setiap program yang telah dijalankan tersebut, betul-betul sampai ke tengah-tengah masyarakat.

“BKKBN ini adalah mitra kerjanya komisi IX. DPR RI itu, anggota 560 orang, dari 560 orang itu dibagi ke dalam 11 komisi. Di mana komisi-komisi itu berbeda-beda bidang kerjanya yang bermitra dengan pemerintah,” terangnya.

Dia berharap, masyarakat bisa mendukung program-program KB yang dilaksanakan BKKBN. Karena semua program-program yang ada di BKKBN itu sangat besar artinya dalam suatu keluarga. Terutama dalam hal peningkatan kesejahteraan masyarakat.(zul)
 
Top