Kapolres Payakumbuh, AKBP Kuswoto Beri Penghargaan 5 Sekolah Terpilih Adiwiyata Tingkat Kota

N3 Payakumbuh - Kapolres Payakumbuh, AKBP Kuswoto menyerahkan penghargaan dan hadiah kepada 5 sekolah terpilih Adiwiyata tingkat kota Payakumbuh tahun 2017 pada upacara peringatan Hari Pahlawan yang digelar di Lapangan Pacuan Kuda Kubu Gadang, Jumat (10/11).

Penetapan pemenang program Adiwiyata tersebut berdasarkan Keputusan Walikota Payakumbuh Nomor 660.22/698/WK-Pyk/2017 tanggal 7 November 2017 tentang Penetapan Sekolah Adiwiyata Tingkat Kota Payakumbuh Tahun 2017.

“Selamat kepada para pemenang Adiwiyata tingkat kota Payakumbuh, semoga mampu menciptakan sekolah berwawasan lingkungan dan pembentukan karakter anak didik untuk cinta dan peduli terhadap lingkungan melalui pendidikan lingkungan hidup di sekolah,” ujar AKBP Kuswoto.

Sementara itu, Jhon Kenedi selaku kepala dinas Lingkungan Hidup melaporkan bahwa penilaian Adiwiyata tersebut salah satu program Kementerian Negara Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

“Penilaian sekolah Adiwiyata di tingkat kota Payakumbuh digelar pada tanggal 23-26 Oktober lalu dalam bentuk verifikasi berkas dan peninjauan lapangan. Tim penilai Adiwiyata tersebut terdiri dari 4 komponen, yaitu dari Dinas Lingkungan Hidup, Yunimar, Riko Irfanda, Feri Nofrizal, dan Rinta Sumadi. Kemudian dari Lembaga Swadaya Masyarakat, Risman Mansur. Unsur Perguruan Tinggi diwakili Sekolah Tinggi Teknik Payakumbuh (STTP), Elfi Samsuir dan terakhir dari Dinas Pendidikan, Awalisni,” lapor Jhon Kenedi yang didampingi Yulia selaku Kasi Bidang Peningkatan Kapasitas pada dinas Lingkungan Hidup.

 “Untuk penilaian Adiwiyata tingkat provinsi, selain kelima sekolah yang menjadi pemenang di tahun 2017 ini, juga akan diikutkan sekolah-sekolah yang terpilih Adiwiyata di tahun lalu. Semoga, Payakumbuh bisa mewakili Sumatera Barat untuk penilaian sekolah Adiwiyata di tingkat Nasional,” tambah Jhon.

Adapaun 5 dari 9 sekolah yang terpilih sebagai Adiyata Kota Payakumbuh tahun 2017 tersebut adalah, SDN 28, 08, 37, 63 dan SDN 17 Payakumbuh. Masing-masing sekolah mendapatkan sertifikat penghargaan dan unag tunai sebesar Rp. 1.000.000.(Rahmat Sitepu)
Previous Post Next Post