N3 Payakumbuh  - Ribuan guru hadiri acara puncak peringatan Hari Guru Nasional Ke 72 Tahun 2017 di Kota Payakumbuh. Kegiatan yang dipusatkan di halaman Kantor Dinas Pendidikan, merupakan puncak acara setelah sebelumnya momen ini telah dirangkai dengan berbagai lomba. Puncak peringatan HGN hari ini Ahad (26/11),

Gerak jalan santai dan sepeda ria yang dilepas secara resmi Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz didampingi Kepala Dinas Pendidikan, Agustion dan Kepala kankemenag diwakili Kasi Pendidikan Madrasah, Darius bersama pejabat lain dijajaran kementerian penyelenggara pendidikan di Kota Payakumbuh ini. Juga tampak dihadiri tokoh masyarakat Nil Maizar.

Kasi Pendmad, Darius menerangkan bahwa silaturrahmi yang tertuang dalam peringatan HGN ini, harus selalu dipupuk dan dilestarikan. " Kami sangat bangga dengan kegiatan yang kita ikuti pagi ini sebagai rangkaian peringatan HGN di Payakumbuh. Semua guru dijajaran Kankemenag sebagaimana arahan pimpinan, kita hadirkan untuk mensukseskan HGN ini mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan evaluasi nantinya. Saat ini tidak ada lagi pemisah antara guru dijajaran kankemenag dengan jajaran diknas. Semuanya bertekad membangun Kota Payakumbuh sebagai kiblatnya pendidikan di Sumatera Barat. Semua terjalin penuh kebersamaan dan saling menopang. Demikian juga sebaliknya, keberadaan guru dikemenag adalah ikut aktif sukseskan program Kota Payakumbuh.

Melepas secara resmi gerak jalan santai dan sepeda ria di halaman Kantor Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Wakil Walikota, Erwin Yunaz mengharapkan momen peringatan HGN menjadi motivasi bagi guru untuk lebih giat dalam menciptkan generasi Payakumbuh yang cerdas lahir bathin ke depannya.

"Tantangan kita semakin berat dengan mobilitas penduduk dan kemajuan zaman globalisasi sebagaimana yang kita lihat sekarang ini. Zaman ini akan terus berubah secara drastis ke depan, tampa kita sadari. Tantangan bagi generasi muda juga demikian, keadaan kekinian harus kita bentengi dengan iman dan iptek. Dan gurulah sebagai garda terdepan dalam malahirkan benteng tersebut, melalui PBM secara formal dan non formal. Tetaplah sabar dalam menciptakan generasi Payakumbuh yang cerdas. Wadah gerak jalan pagi dan sepeda ria ini merupakan situasi bahagia dan penuh sukacita, nikmatilah kegiatan dan rangkaian peringatan HGN ini dengan penuh kesadaran dari awal hingga selesai. Kita bisa hebat karena guru," harap Erwin melepas secara resmi.

Gerak jalan dan sepeda ria yang dilepas secara resmi oleh Wakil Walikota dan juga dihadiri sesepuh Diknas, Hasan Basry. SY, selanjutnya akan menempuh 2 rute yang berbeda.

Diterangkan Ketua Pelaksana, Defi Marlitra, "untuk gerak jalann santai akan melakukan start di halaman dinas menuju GOR dan belok kiri arah Ibuh terus ke pusat kota. Pembagian kupon hadiah didapat di Tugu Adipura. 

Peserta gerak jalan santai selanjutnya menuju Pasar Ibuh dan Tugu Labuah Basilang dan kembali ke halaman diknas. Sedangkan untuk rute sepeda ria, dari halaman diknas menuju GOR belok kanan ke arah Tiakar terus ke By Pass Payobasung. Dari By Pass belok kiri ke arah Tanjung enau, karena di simpang Tanjung Enau adalah tempat pembagian kupon hadiah. Peserta sepeda ria selanjutnya bergerak ke arah pusat kota dan belok kiri di simpang benteng arah RSUD Adnaan WD, belok kanan ke arah Ibuh dan GOR. Dan finish kembali di diknas," terang Defi. (Rahmat Sitepu)
 
Top