N3, Agam ~ Etape 8 Tour de Singkarak 2017 segera dimulai, pagi ini puluhan pembalap bakal menjajal trek sejauh 135,2 kilometer dari Anai Resort ke Ambun Pagi Kabupaten Agam.

Balapan hari ini adalah momentum penentuan gelar juara Tour de Singkarak 2017 yang akan diperebutkan oleh pembalap Inggris, Daniel Whitehouse dari tim CCN Laos dan Khalil Khorsid dari tim Tabriz Shahrdari Team Iran.

Daniel yang saat ini berada di puncak klasemen sementara klasifikasi umum pembalap telah membukukan waktu tercepat selama 23 jam 35 menit 8 detik, sedangkan Khalil hanya terpaut 13 detik dengan pemegang Yellow Jersey itu.

Dengan selisih waktu yang sangat dekat, penguncian gelar juara tentu akan memanas. Daniel yang merupakan pembalap tipe sprinter itu akan memburu peluang saat balapan adu cepat di Sungai Sariak, Kampuang Dalam dan Lubuk Basung.

Namun pada etape 8 juga ada balapan menanjak atau King Of Montain di Kelok 44, dimana Khalil Khorsid adalah pembalap tipe climber yang saat ini memegang gelar raja tanjakan sejak etape 1 tentu juga akan mempercepat perolehan waktunya sebelum menyentuh garis finish.

Agar bisa menang, Khalil harus finish jauh di depan Daniel, dan ia hanya punya satu kali kesempatan saat balapan memasuki Kelok 44 tersebut. Sedangkan bagi Daniel, ia bisa menjadi juara jika ia mampu membuat jarak yang cukup jauh dengan Khalil saat balapan sprint.

Kendati demikian, Daniel Whitehouse mengaku pada etape 8 ini ia akan tetap memburu peluang saat balapan menanjak melalui strategi tim.

"Semua orang paham bahwa segala sesuatunya bisa terjadi saat balapan. Tapi siapa yang bisa tahu, bahwa anda adalah sang juara ketika pekerjaan dilakukan dengan baik," katanya.

Balapan tanjakan di Kelok 44 merupakan tanjakan kategori 1 yang terletak di ketinggian 1101 MdPL.(*)
 
Top