Etape 5 TdS 2017

N3, Kota Solok - Sebanyak 82 pembalap akan beradu cepat pada etape 5 Tour de Singkarak 2017 hari ini. Balapan ini akan menempuh jarak 153,2 kilometer dari Kota Solok ke Kabupaten Solok Selatan.

Dimulai dari Terminal Bareh Solok, puluhan pembalap akan ditantang dengan trek yang penuh rintangan serta keasrian alam Kabupaten Solok dan Solok Selatan.

Pada etape ini, pesepeda dari 28 negara akan dihadapkan dengan tiga balapan menanjak dan dua balapan adu cepat atau sprint. Tidak tanggung-tanggung, khusus pada balapan menanjak, dipastikan akan menguras tenaga pembalap.

Sebab, di etape ini tiga tanjakan yang akan ditempuh pembalap terletak di ketinggian antara 900 hingga 1500 m dpl (meter dari permukaan laut), dan dalam istilah balap sepeda, tanjakan tersebut merupakan kategori High Classification (HC).

Usai start dari Terminal Bareh Solok, tanjakan tinggi pertama akan ditemui pembalap di sekitaran Gunung Talang, tepatnya di kilometer ke 23. Tanjakan di kawasan ini terletak di ketinggian 932 MdPL.

Sepanjang 10 kilometer, nafas tidak boleh putus, porsi tenaga tidak akan berkurang, pasalnya tepat di Kayu Aro, tanjakan yang terletak di ketinggian 1205 MdPL sudah menanti 82 pembalap tersebut.

Jelang 13 kilometer kemudian, tantangan semakin berat. Tepat di kawasan Rawang Gadang, Alahan Panjang pembalap akan terus menanjak hingga ke ketinggian 1534 m dpl (meter dari permukaan laut). 

Jadi jika dikalkulasikan, sebanyak 82 pembalap Tour de Singkarak 2017 ini akan mengayuh sepeda di jalan yang menanjak sepanjang 23 kilometer.

Selesai dari sana, pembalap bisa sedikit mengatur ritme balapan dan mengirit tenaga hingga memasuki Kabupaten Solok Selatan.

Memasuki Pakan Raba, atau tepatnya di kilometer ke 114, pembalap akan dihadapkan dengan balapan sprint. Pada kompetisi adu cepat yang pertama ini, para spinter akan mengambil bagian hingga titik finish.

Kemudian, memasuki kawasan Muara Labuh-dekat Objek Wisata Seribu Rumah Gadang-pembalap akan kembali beradu kecepatan dengan balapan sprint sebelum akhirnya finish di Kantor Bupati, Solok Selatan di Padang Aro.(*)
Previous Post Next Post