Disparpora Payakumbuh Gelar Workshop Kebudayaan dan Kesenian Sikatuntuang

N3 Payakumbuh  - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh laksanakan workshop kesenian sikatuntuang kepada generasi muda di Kota Payakumbuh, Kamis - Jumat, (23-24/11). Kegiatan ini dilaksanakan di Ngalau Indah mendan nan bapaneh yang bertujuan untuk lebih mengenal, mengetahui dan menguasai kesenian daerah sikatuntuang kepada pelajar di Kota Payakumbuh.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Efriza Zaharman yang didampingi oleh Kasi Pelestarian Adat Budaya dan Cagar Budaya Abdallah Razik Rahman mengatakan work shop kali ini kita mendatangkan pakar dibidang kesenian salah satunya Wimbrayardi dosen dari ISI Padang Panjang.

Sikatuntuang adalah sebuah kesenian perpaduan antara alat musik talempong pacik dan kayu yang dihentakkan, kesenian ini merupakan kesenian asli dari Padang Alai Bodi Payakumbuh, "terang Rahman.

Kasi Pelestarian Adat Budaya dan Cagar Budaya Abdallah Razik Rahman berharap, nantinya seluruh sekolah yang ada di Kota Payakumbuh nantinya akan ada pengenalan seni budaya khususnya musik tradisional sikatuntuang ini, "ungkap Rahman.

Kasi PUP dan Ekraf Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, An Denithral yang merupakan salah seorang pakar kesenian di Kota Payakumbuh, juga ikut memberikan pelatihan work shop kepada siswa-siswi tentang seni pertunjukan dan pelestarian musik tradisional Kota Payakumbuh.

An Denithral berharap dengan terlaksananya workshop ini, siswa-siswi di Kota Payakumbuh nantinya dapat melestarikan seni budaya tradisional Payakumbuh dan menjadikan musik tradisional menjadi musik pertunjukan. "pungkas An Denithral. (Rahmat Sitepu)
Previous Post Next Post