N3 Payakumbuh - Guna membentuk sosok Pegawai Negeri Sipil (PNS) profesional yang berkarakter dengan perilaku disiplin, nilai-nilai dasar serta menguasai bidang tugasnya, pemerintah kota Payakumbuh melalui badan kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia (BKPSDM)  menggelar kegiatan pendidikan dan latihan (diklat)  prajabatan calon PNS (CPNS) honorer kategori II di Aula Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kelurahan Padang Alai Kec. Payakumbuh Timur, Selasa (14/11).

Walikota Payakumbuh yang diwakili Sekretaris Daerah, Benni Warlis di hadapan kepala badan pengembangan Sumber daya manusia (BPSDM)  Sumatera Barat, H. Rosman Efendi, kepala BKPSDM Dafrul Pasi, sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), peserta diklat, hadirin dan undangan lainnya, menyampaikan bahwa salah satu syarat diangkatnya status CPNS menjadi PNS harus mengikuti dan lulus diklat pra jabatan. 

"Melalui diklat prajabatan ini kita berharap dapat memberikan pengetahuan dalam rangka pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika PNS, pola pikir, bidang tugas dan budaya organisasi agar mampu melaksanakan  tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat, " ujar Benni. 

"Kepada para peserta untuk dapat mengikuti diklat ini dengan penuh rasa tanggung jawab dan mematuhi tata tertib selama diklat, sehingga pelaksanaan diklat ini tidak menjadi sia-sia", pesan Benni

Kepala BPSDM Provinsi Sumatera Barat, H. Rosman Efendi juga menegaskan bahwa diklat tidak sekedar kewajiban, tapi harus menambah cakrawala berfikir. 

"Selamat kepada saudara-saudara peserta atas terpilihnya untuk mengikuti diklat yang amat penting ini. Perlu disadari bahwa ilmu pengetahuan bersifat dinamis yang terus mengalami perkembangan. Hal ini mesti saudara sikapo secara terus menerus dan senantiasa mengasah pola pikir saudara sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan tersebut, " kata Rosman. 

Sementara itu, Dafrul Pasi selaku kepala BKPSDM melaporkan bahwa kegiatan diklat prajabatan CPNS kategori II tersebut diikuti oleh 54 orang yang terdiri dari 46 orang tenaga kesehatan dan 8 orang dari tenaga penyuluh pertanian. 

"Diklat prajabatan dilaksanakan 2 angkatan. Angkatan 1 tanggal 14-20 November disusul angkatan 2 mulai tanggal 21 hingga 27 November mendatang di SKB ini," lapor Dafrul.

Widyaiswara pada kegiatan diklat parajabatan adalah dari BPSDM Provinsi Sumatera Barat dan untuk menambah wawasan peserta dalam pelaksanaan tugas, pemerintahan dan pembangunan, materi akan disampaikan oleh narasumber dari OPD yang terkait langsung.(Rahmat Sitepu)
 
Top