N3 Limapuluh Kota - Berhasilnya, pemerintah kabupaten Limapuluh Kota meraih segudang pengharagaan tingkat nasional dan provinsi Sumatera Barat, mendapat apresiasi dan pujian berbagai pihak. Kali ini, pujian dan apresiasi itu disampaikan Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sumatera Barat, Syahruddin. 

"Kita bangga dengan pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota, di bawah Komando bupati Irfendi Arbi, berhasil meraih segudang penghargaan bergengsi,"ujar Syahrudin dalam sambutannya pada pencanagan Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan di kenagarian Piobang, Kecamatan Payakumbuh, Senin (13/11).

Menurutnya, apresiasi itu diberikan, setelah dirinya membaca banyaknya penghargaan yang diraih bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi melalui media. "Berkat prestasi yang diraih ini, nama bupati Limapuluh Kota sangat populer di Sumbar. Bagi saya nama seorang Irfendi Arbi sangat Familiar di telinga, Beliau adalah pemimpin yang baik,"tambahnya.

Sebelumnya, Syahruddin juga ikut mencanangkan kesatuan Gerak-PKK-KB kesehatan di Jorong Ampang, Kenagarian Piobang, Kecamatan Payakumbuh. Dalam sambutannya Syahrudin mengatakan, pencanangan itu tidak hanya sekedar dua anak cukup, tetapi mencakup soal perekonomian, kesehatan, infrastruktur, perikanan, dan perdagangan.

Menurutnya, jika ingin program KB tersebut sukses, maka sosialisasi pada masyarakat harus ditingkatkan." Keberhasilan dan kegagalan program ini dipengaruhi pengetahuan masyarakat tentang KB tersebut, saya harap pencangan ini dapat menjadi motivasi semua elemen untuk bersama-sama menjadikan kampung KB menjadi keluarga yang lebih sejahtera,"pungkasnya.

Senada, bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi dalam sambutannya mengatakan,  untuk lebih meningkatkan efisiensi kesinambungan, harus dilaksankan program secara rutin, dalam bentuk intensifikasi lintas sektor di bidang pemberdayaan keluarga, KB dan kesehatan melalui kegiatan kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan.

Menurutnya, dengan dukungan keterpaduan lintas sektor,kegiatan ini akan bertumpu pada kegiatan-kegiatan kelompok swadaya masyarakat, PKK dan intitusi KB-kesehatan di tingkat nagari dengan kader-kader sebagai ujung tombak, dan keluarga sebagi fokus utama.

"Keterpaduan kegiatan kelompok masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan taraf kesehatan, pemberdayaan keluarga di bidang ekonomi, meningkatkan pengetahuan keluarga dalam pengasuhan anak dan remaja. Untuk itu, saya harapkan kita semua dapat mensinkronkan kebijakan dan strategi pembangunan kependudukan dan KB dengan program penanggulangan kemiskinan,"pungkasnya.

Sementara itu, Plt Kepala DP2KBP3A, Hj. Yenni Elvi, S.ST mengatakan kegiatan ini bertujuan memberdayakan keluarga dalam mencapai kesejahtraan keluarga. Meningkatkan cakupan pelayanan berkualitas dalam program pemberdayaan kesejahtraan keluarga, keluarga berencana dan kesehata.

"Tujuan khususnya bagaimana bisa meningkatkan kualitas dan jangkauan pelayanan kesehatan dan KB khususnya bagi keluarga miskin, termasuk meningkatkan kulaitas pemeberdayaan dan ketahanan keluarga melalui kegiatan bina keluarga,"ujarnya.

Kegiatan ini, nampak hadir wakil ketua penggerak PKK, Ny Eka Ferizal Ridwan, kapolsek, AKP Hikmah, kepala-kepala OPD, Camat, walinagari Piobang Syafran Nur, tokoh agama, bundo kanduang, tokoh masyarakat, cadiak pandai beserta masyarakat lainnya.(Rahmat Sitepu)
 
Top