N3 Limapuluh Kota - Masyarakat Kenagarian Taeh Baruah, Kecamatan Payakumbuh, Baralek Gadang. Sebanyak 57 Niniak Mamak dilewakan Pada acara Batagak Penghulu Godang di Balairong setempat, Senin (20/11).

Ikut Hadir, Pucuak undang, Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi, Tamu dari Malaysia, Daulat Sultan Muhammad Taher Bakri, pewaris Rajo Pagarayuang dan permainsuri, Dt. Abang Muhammad Haji Amir Samuli,Sarawak, Tampuak tangkai alam minangkabau, Dt Bandaro Kayo, pengurus LKAAM Sumbar dan Basa 4 balai, Ismet Fauzi, DT Bagonjong, Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai.

Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan acara batagak panghulu ini merupakan upaya untuk tetap melestarikan keberadaan pemimpin adat di Minangkabau, "Pergantian Niniak mamak yang telah diatur dalam aturan adat istiadat merupakan kebiasaan turun temurun. Sehingga setiap kaum tetap memiliki seorang pemimpin yang memimpin anak kemanakannya,"ujarnya.

Menurutnya, niniak mamak adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengatur tatanan kehidupan di Lingkungan kaumnya,"Oleh karena itu, seorang pemimpin tentunya harus memiliki sifat-sifat yang baik yang menjadi panutan dan contoh teladan bagi anak kemanakan,"tambahnya.

Jika sekiranya setiap penghulu atau niniak mamak mampu menjalankan tugas kepemimpinan dengan sepenuhnya, tentunya akan dapat meringankan tugas-tugas pemerintahan nagari, ataupun pemerintan kabupaten." Saya himbau kepada Niniak mamak pemangku adat di Kenagarian Taeh Baruah, marilah bergandeng tangan, menjaga persatuan dan kesatuan, sehingga dengan kerja sama tersebut seluruh pembangunan akan dapat kita laksanakan. Mari kiat jaga kemanan, adat istiadat serta budaya kita,"ulasnya.

Dikatakannya, pelestarian budaya harus dilakukan secar serius, karena kemajuan teknologi kopmunikasi saat ini telah menghilangkan batas-batas budaya bangsa. "Maka cara yang efektif untuk melestarikan adat dan budaya adalah dengan menggerakkan segala unsur.Pemerintah dengan niniak mamak dan masyarakat harus bekerja sama dalam pelestarianadat dan budaya. Pada kesempatan ini saya mengucapkan selamat dan sukses kepada niniak mamak yang telah di godangkan di Balairong"pungkasnya.

Sementara itu, panitia pelaksana, H Ilson Chong dalam sambutannya mengatakan, niniak mamak yang digodangkan kali ini berjumlah 57 niniak mamak di nagari Taeh Baruah, "Acara batagak panghulu kali ini merupakan Baralek gadang yang terbesar di Kenagarian Taeh Baruh, karana baru digelar sejak 22 tahun yang lalu,"ujarnya.


Menurutnya, terselengagranya acara ini dengan baik, wujud dari kebersamaan masyarakat. agar terpeliharanya semangat gotong royong." Kami berharap kepada para datuk yang diangkat untuk dapat mengemban amanah yang diberikan dengan sebaik-baiknya,"pungkasnya.(Rahmat Sitepu
 
Top