Bappeda Kota Payakumbuh Gelar Sosialisasi Perwako No. 40 Tahun 2017

N3 Payakumbuh - Bappeda Kota Payakumbuh Gelar Sosialisasi Perwako Nomor 40 tahun 2017 tentang Pedoman Teknis Pelaksanan Perencanaan Pembangunan Partisipatif di Aula Balai Diklat Peternakan dan BIB Provinsi Sumatera Barat yang terletak di Kelurahan Ibuh Kecamatan Payakumbuh Barat, Senin (13/11). 

Acara ini dihadiri langsung oleh Wakil Walikota Payakumbuh H. Erwin Yunaz, Kepala Bappeda, H. Rida Ananda bersama jajaran, yang mana kegiatan ini berasal dari dana DPA Pemko Payakumbuh melalui Bappeda sebagai leadingsector diikuti Camat, Lurah, RT, RW, LPM dan Faskel kelurahan se Kota Payakumbuh. 

Wakil Walikota Payakumbuh H. Erwin Yunaz dalam sambutannya menyampaikan, Pemko Payakumbuh kejar target pembangunan prioritas dibidang ekonomi, infrastruktur, agama dan budaya, tata kelola pemerintah dan pembangunan SDM. 

“Pelaksanaan pembangunan tersebut dapat dilihat diberbagai sudut Kota Payakumbuh, baik yang didanai Pemerintah Daerah, maupun pembangunan yang dibantu Pemprov dan Pemerintah Pusat. "ungkap Erwin Yunaz. 

Terlaksananya berbagai pembangunan tersebut tak terlepas dari perencanaan sebelumnya, yaitunya perencanaan yang berasal dari usulan warga (bottom up). Perencanaan pembangunan yang berasal dari penjaringan aspirasi dan kebutuhan masyarakat. Lahirnya perencanaan sebagai wujud keterwakilan yang memadai dari seluruh segmen dan sense of owner (merasa memiliki) masyarakat terhadap progam dan kegiatan pemerintah. "ungkap Wawako. 

Kepala Bappeda Kota Payakumbuh, H. Rida Ananda berharap dari sosialisasi ini akan lahirlah satu kesepahaman, bahwa untuk pengusulan rencana pembangunan di Kota Payakumbuh mendatang benar-benar sesuai dengan skala prioritas dan berasal dari musrembang kelurahan. Sehingga manfaatnya dapat dirasakan penuh dan langsung oleh masyarakat. 

Kepala Bappeda juga menyampaikan secara bertahap keinginan masyarakat akan kita usahakan terwujud dengan azas kebersamaan. "terang Rida. 

Dalam sosialisasi ini, juga terlihat peserta yang menyampaikan usulan dan masukan, termasuk juga ada terlihat peserta yang menyampaikan pengalaman suka duka sejak menjadi perpanjangan tangan yang bersentuhan langsung dengan warga di tingkat RT/RW. 

Selanjutnya sosialisasi ini akan dilanjutkan pada hari kedua secara mendalam dengan 45 Faskel kelurahan dan ditambah 5 pendamping kecamatan bertempat di aula pertemuan Bappeda Kota Payakumbuh, untuk merancang rencana pembangunan prioritas yang akan mungkin dilaksanakan di tahun anggaran 2018 mendatang.(Rahmat Sitepu)
Previous Post Next Post