N3 Limapuluh Kota - Anggota DPR-RI Komisi IX Muhammad Iqbal, SE menghadiri peresmian Kampung Keluarga Berencana (KB) di Jorong Harau Kenagarian Harau Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota. (8/11)
Turut hadir Bupati Limapuluh Kota, anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) diantaranya Drh. Harmen, Wirman Dt. Pangeran nan Putiah serta pejabat BKKBN Propinsi Sumbar, Camat serta sejumlah pihak lainnya.
Muhammad Iqbal, SE dalam sambutannya mengatakan, kader-kader KB yang ada di Jorong-Jorong di seluruh Sumatera Barat adalah ujung tombak dalam menjalankan program KB.
“Ada yang spesial dari Jorong harau ini karena nantinya disini akan menjadi kampung KB yang berbasis wisata. Kita menghimbau agar program kampung KB ini tidak saja untuk keluarga berencana tapi juga dengan pariwisata, kesehatan, pendidikan, perdagangan, koperasi serta industri untuk memicu ekonomi kreatif”, ujar Iqbal.
Camat Harau, Deki Yusman sangat mengapresiasi kedatangan anggota DPR-RI ke daerah yang terkenal dengan Objek Wisata Lembah Harau. Diharapkan juga dapat membawa dampak bagi kemajuan Lembah Harau  kedepan.
”Kita sambut baik kedatangan Bapak M. Iqbal ke daerah kita, Semoga kedatangan beliau ini tidak saja untuk Integritas Kampung KB, tapi juga untuk kemajuan Harau kedepan”, ucap Deki.
Yeni Elfi, Kepala BKKBN yang mewakili Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi dalam sambutannya mengatakan saat ini di Kabupaten Limapuluh Kota telah ada 14 Kampung KB yang tersebar disejumlah Jorong. Dengan ditunjuknya Jorong Harau sebagai Integritas Kampung KB, daerah tersebut bisa membangun dari semua bidang. Sebab Jorong Harau hingga saat ini masih tertinggal di Bidang Telekomunikasi.
”Diharapkan nantinya, Nagari Harau bisa membangun disemua bidang, tidak saja di Bidang KB, juga dibidan lain, sebab didaerah ini tidak ada sinyal Telekomunikasi.” ucapnya.
Pada kesempatan itu Kepala BKKBN Propinsi Sumbar, Syahrudin Dalam sambutannya mengatakan bahwa program KB di Era sekarang ini, mulai bangkit dan menunjukkan kemajuan, hal tersebut juga tidak terlepas dari peran serta mitra kerja BKKBN di DPR-RI, yakni Komisi IX.
”Dari tahun ke tahun, program KB di Sumbar terus membaik, apalagi didukung kader-kader KB yang ada di Kabupaten – Kota di Sumbar. Keberhasilan program KB juga merupakan pondasi dalam pelaksanaan program pembangunan lainnya.” sebutnya. Syahrudin juga mengharapkan dukungan Pemda dan DPRD terkait program KB dan dukungan Operasional petugas KB termasuk dukungan anggaran.
Drh.Harmen, anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota sekaligus ketua DPC PPP Limapuluh Kota mengatakan komitmen kerja bersama anggota DPR-RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota sudah dijalin sedemikian rupa sehingga nantinya bisa memberikan anggaran yang proposional sesuai tingkatan.
“Kita menjalin kerjasama dengan mitra kerja di semua OPD sesuai dengan komisi di tingkat masing-  masing sehingga terjalin integrasi program kerja di kota, kabupaten, propinsi dan pusat, ujar Harmen. (Rahmat Sitepu)      
 
Top