N3 Payakumbuh - Setelah sukses mendulang prestasi di tingkat Nasional menjadi wakil Sumatera Barat dari 6 provinsi lainnya se-indonesia dan diundang presiden pada upacara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus lalu, kembali pekerja sosial masyarakat (PSM)  kota Payakumbuh menunjukkan taring nya dengan menggelar kegiatan pelatihan tingkat lanjutan yang dibuka wakil walikota, Erwin Yunaz di Aula Dinas Peternakan Provinsi Sumatera Barat, Jln. Pahlawan No. 16 Sawah Padang, Senin (16/10).

Wawako Payakumbuh Erwin Yunaz sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. “Selamat kepada seluruh peserta PSM yang sudah terpilih untuk mengkitu pelatihan tingkat lanjutan ini. Saya berharap kepada semua peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh sehingga dapat diaplikasikan nantinya dalam memberikan pelayanan sosial kepada masyarakat", kata Erwin di hadapan kepala Dinas Sosial, Idris selaku pelaksana kegiatan.

Erwin juga berharap prestasi PSM ke depannya semakin meningkat dan mengharumkan nama Payakumbuh. “Terimakasih saya ucapkan kepada dinas sosial sebagai penyelenggara kegiatan ini. Keberadaan PSM ini sangat penting dalam berbagai aktifitas sosial kemasyarakatan. Kemampuan management merupakan kunci keberhasilan dalam sebuah organisasi sehingga untuk mendorong terwujudnya hal tersebut kegiatan peningkatan Sumber daya manusia seperti ini penting untuk digalakkan, " tambah Erwin.

"Terus tingkatkan prestasi, baru-baru ini salah seorang kader PSM dari Kel. Taratak Padang Kampung atas nama Yunita Kentosa sudah membuktikan dengan menjadi salah satu dari 6 orang se-indonesia yang diundang upacara peringatan kemerdekaan oleh Presiden di Istana Negara. Mari kita jadikan prestasi ini teladan dan terus tingkatkan untuk masa yang akan datang, " harap Erwin.

Pelatihan lanjutan PSM ini digelar setelah para peserta lulus mengikuti pelatihan tingkat dasar yang diadakan beberapa waktu yang lalu. Kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari yang diikuti oleh 108 orang peserta yang merupakan utusan dari masing-masing kelurahan se-kota Payakumbuh.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Idris menginformasikan, bahwa pelatihan ini nantinya akan dibagi menjadi 2 sesi dengan masing-masing sesi berisikan 54 peserta. Untuk sesi pertama akan dimulai pada tanggal 16-10 Oktober dan sesi selanjutnya pada 19-21 Oktober 2017.

Menurut Idris, PSM merupakan salah satu mitra pemerintah melalui Kementrian Sosial dalam pelaksanaan usaha kesejahteraan sosial, karena PSM adalah warga masyarakat yang peduli, memiliki wawasan dan komitmen pengabdian di bidang sosial kemanusiaan.

Di kota Payakumbuh terhitung 143 orang kader PSM yang aktif dimana 108 orang diantaranya sudah masuk ke dalam data sedangkan sisanya masih dalam proses penyeleksian.(Rahmat Sitepu)
 
Top