Wawako Erwin Yunaz Himbau Warga Amalkan Nilai-Nilai Luhur Pancasila Dalam Kehidupan

N3 Payakumbuh - Untuk pertama kali, Wakil Walikota Erwin Yunaz didaulat sebagai Inspektur Upacara dalam peringatan peristiwa Gerakan 30 September, hari Kesaktian Pancasila tahun 2017, di Halaman Balaikota Payakumbuh di Bukik Sibaluik, Selasa (3/10), berjalan dengan khidmat, tertib dan lancar.

Setelah pelaksanaan upacara, Wakil Walikota Erwin Yunaz, mengajak warga kota untuk tetap mempertahankan serta mempelajari nilai-nilai Pancasila. Karena Pancasila mampu mempersatukan kehidupan masyarakat yang beraneka ragam suku, agama, ras, dan adat istiadat dalam koridor Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kemudian pembacaan Ikrar oleh siswa pelaksana upacara tersebut memiliki makna penting  bahwa semangat kebersamaan yang dilandasi nailai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya NKRI.

Pancasila sebagai dasar negara, seharusnya, menjadi nilai-nilai dalam kehidupan bermasyarakat, untuk itu seluruh PNS dan jajaran Dinas Pendidikan diharapkan berada di barisan paling depan dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Peristiwa G30S/PKI adalah salah satu episode berdarah dan kelam yang merongrong tegaknya NKRI dalam  perjalanan sejarah bangsa ini. 

Menurut wawako Erwin Yunaz, jangan hanya sekedar diperingati seremonial saja, tapi seyogianya dipelajari secara dalam, untuk menanamkan semangat kebangsaan dan rasa nasionalisme pada seluruh anak bangsa ini, melalui pengamalan nilai-nilai Pancasila, simpul Wawako.

Dalam kesempatan itu pula dilakukan penyerahan penghargaan berupa tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya untuk masa pengabdian 10, 20, dan 30 tahun serta penyerahan surat keputusan (SK)  kenaikan pangkat bagi sejumlah ASN  di lingkungan pemko Payakumbuh. 

Satyalancana Karya Satya 30 tahun untuk tahun 2017 ini diserahkan kepada Refrizal Sam dan Rasyida Syafriani, untuk 20 tahun diserahkan kepada Edvidel Arda dan Merli Aslida. Kemudian Aidil Fitri Fanny menerima penghargaan Satyalancana Karya Satya 10 Tahun. (Rahmat Sitepu)
Previous Post Next Post