Walikota Payakumbuh Riza Falepi Nominator Leadership Award 2017

N3 Payakumbuh - Terpilih sebagai salah satu nominator penerima penghargaan Kepemimpinan Kepala Daerah (Leadership Award) 2017, Walikota Payakumbuh, Riza Falepi, dikunjungi tim penilai dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri (Balitbang Kemendagri) RI, Jumat (27/10). Kedatangan tim penilai yang berjumlah tiga orang itu disambut meriah dengan tarian gelombang di pelataran parkir kantor Balaikota Payakumbuh, Bukik Sibaluik.

Selama sehari penuh, tim penilai yang terdiri atas Dr. Aat Surya Safa, Catur Wibowo Budi, dan Purnama Dewi berada di kota Payakumbuh untuk melakukan wawancara langsung dengan Walikota Payakumbuh dan melakukan pertemuan dengan seluruh stakeholder Pemerintah Kota Payakumbuh. Wawancara dilakukan di ruang kerja Walikota Payakumbuh dari pagi menjelang siang. Saat wawancara, Walikota Payakumbuh, Riza Falepi didampingi oleh Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz. Sementara, pertemuan digelar di Aula lantai 3 Balaikota Payakumbuh pada pukul 14.00 Wib.

Dalam pertemuan dimaksud, Tim Penilai mengkonfirmasi secara langsung tentang kepemimpinan Walikota Payakumbuh kepada seluruh stakeholder Kota Payakumbuh. Seluruh peserta rapat diminta mengisi kuesioner tentang kepemimpinan Riza Falepi, dilanjutkan dengan diskusi interaktif.

Tampak hadir dalam pertemuan tersebut Wakil Walikota Payakumbuh, sejumlah Forkompinda Payakumbuh, Pimpinan dan Anggota DPRD, Sekretaris daerah dan Asisten Setdako, Staf Ahli, Kepala Instansi Vertikal, pimpinan perguruan tinggi,  segenap Kepala Perangkat Daerah, Camat, Lurah, Tokoh Masyarakat, Niniak Mamak, Bundo Kanduang, sejumlah awak media dan elemen masyarakat Payakumbuh lainnya.

Ketua Tim Penilai, Dr. Aat Surya Safa, menguraikan, Leadership Award  2017 ini akan diberikan kepada 3 orang Gubernur dari 7 orang Gubernur yang masuk nominasi, 7 orang Walikota dari 14 nominator, dan 12 Bupati dari 24 nominator. Khusus untuk Sumatera Barat, selain Gubernur dan Walikota Payakumbuh, terdapat 3 kepala daerah lainnya yang turut menjadi nominator, yaitu Walikota Padang, Bupati Sijunjung dan Bupati Agam.

Lebih lanjut, Dr. Aat Surya Safa menuturkan, penghargaan yang digelar untuk pertama kalinya ini khusus untuk menilai personal Kepala Daerah. Penghargaannya akan diserahkan oleh Menteri dalam Negeri pada pertengahan Desember nanti. Kepala Daerah dinilai dalam dua hal, yaitu menyangkut kepemimpinannya dibidang birokrasi dan kepemimpinannya dibidang sosial.

Sedikitnya, 4 kriteria menjadi acuan Balitbang Kemendagri dalam menetapkan para nominator. Pertama, Kepala Daerah sudah menjabat minimal selama 4 Tahun. Kedua, mempunyai sederet prestasi, baik ditingkat nasional maupun internasional. Ketiga, tidak tersangkut masalah hukum. Terakhir, banyaknya sorotan media atau media monitoring.

Bagi Riza Falepi, penghargaan bukanlah sesuatu yang diidam-idamkannya. Yang terpenting bagi Walikota  yang baru sebulan dilantik untuk periode kedua itu, dapat bekerja optimal bagi kemajuan kota Payakumbuh. “Bagi Saya sendiri yang terpenting bekerja sekuat tenaga. Kalau sudah bekerja sekuat tenaga, dan hasilnya baik, itu sudah berharga bagi Saya. Kalau ada yang mau memberikan penghargaan, Saya ucapkan terima kasih”, ujar Riza usai di wawancarai Tim Penilai dari Kemendagri. (Rahmat Sitepu)
Previous Post Next Post