N3 Payakumbuh - Upaya Kementerian BUMN melalui Bank BNI dalam membentuk Rumah Kreatif BUMN (RKB) ini Akhirnya terwujud di Kota Payakumbuh.  Rumah Kreatif BUMN ini diresmikan oleh Walikota Payakumbuh H.Riza Falepi, ST.MT yang ditandai dengan pengguntingan pita tanda Rumah Kreatif BUMN Payakumbuh telah diresmikan. Jumat, (27/10) di kawasan Ngalau Indah Kota Payakumbuh.

Acara ini dihadiri oleh Walikota Payakumbuh, H. Riza Falepi, ST.MT, Forkopimda, Ketua Dekranasda Ibu DR. Hj. Henny Riza Falepi, Komisaris Independent Bank BNI Pusat DR. Refrison Baswir, Pimpinan PT. Bukit Asam, Kepala OPD terkait, Pelaku usaha, UMKM, Koperasi serta tamu undangan.

Pelaku usaha terutama UMKM merupakan motor penggerak dari pertumbuhan ekonomi khususnya di Kota Payakumbuh, "membangun perekonomian yang tangguh, unggul, berdaya saing dan Berkeadilan dengan berbasis ekonomi kerakyatan dengan memunculkan gerakan ekonomi bersama yang sesuai dengan misi kita," ungkap Walikota.

Melalui RKB ini diharapkan akan  meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM dan berperan sebagai pusat informasi serta solusi terhadap permasalahan yang dihadapi pelaku UMKM. "terang Walikota.

Intinya RKB ini rumah kita bersama, tempat tukar informasi, pelatihan dan sebagainya, Kepada semua pelaku usaha, UMKM maupun Koperasi dapat menjadikan RKB rumah bagi UMKM untuk meningkatkan kapasitas UMKM itu sendiri, "harap Walikota.

Komisaris Independent Bank BNI Pusat DR. Refrison Baswir dalam sambutannya menyampaikan dengan tegas, BNI sangat peduli kepada pelaku usaha menengah dan usaha kecil, banyak yang akan dikerjakan oleh BNI di Kota Payakumbuh, seperti pengembangan Badan Usaha Milik Nagari (BUMNAG).

Kita berharap di Kota Payakumbuh nantinya ada Kampung BNI, sehingga masalah selama ini yg ada pada UMKM dapat di pecahkan dan di carikan solusinya di rumah kreatif BUMN ini. "Kita akan dirikan Rumah Kreatif BUMN yang ke dua di Kota Payakumbuh, " terang Refrison.

Terimakasih kepada Walikota Payakumbuh yang telah memberikan tempat untuk RKB ini, dan kita berharap Payakumbuh berkembang sebagai kota UMKM.  "RKB yang merupakan bagian dari pondok promosi hendaknya dijadikan sebagai pondok digital, karena di era sekarang ini semua serba digital, sehingga bermanfaat bagi UMKM secara umum dan bagi Kota Payakumbuh khususnya." harap Komisaris Independent BNI ini.

Ketua Dekranasda Ibu Henny Riza Falepi dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada BNI, dan dengan adanya rumah kreatif ini, kita akan menghimpun UMKM menjadi sebuah wadah. Salah satunya adalah Tenun Balai Panjang. "RKB ini akan kita memanfaatkan dengan sebaik-baiknya, dan kita bertekad akan menjadi yang terbaik InsyaAllah se Indonesia. "pungkas Ketua Dekranasda. (Rahmat Sitepu)
 
Top