N3 Payakumbuh - 89 tahun sudah peristiwa kongres pemuda yang melahirkan ikrar Sumpah Pemuda diadakan oleh para pemuda pejuang di masa itu, kini untuk mengenang semangat kebangsaan dan nasionalisme tersebut setiap tahun diadakan upacara peringatannya. Seperti halnya di Payakumbuh, upacara peringatan hari Sumpah Pemuda berlangsung khidmat di Halaman Balaikota, Payakumbuh di Bukik Sibaluik, Sabtu (28/10).

Wakil Walikota, Erwin Yunaz yang didaulat sebagai inspektur upacara pagi itu,  membacakan pidato Menteri Pemuda dan Olahraga  Republik Indonesia, Imam Nahrawi di hadapan ratusan peserta upacara yang memadati halaman Balaikota.

"Kita patut bersyukur, sumbangsih para pemuda masa itu yang sudah melahirkan Sumpah Pemuda. Sudah seharusnya kita meneladani langkah-langkah dan keberanian mereka hingga mampu menorehkan sejarah tinta emas untuk bangsanya," ujar Wawako Erwin berapi-api.

Dilanjutkan Erwin,  perbedaan latarbelakang, tidak menyurutkan semangat mereka untuk melawan agar terlepas dari belenggu penjajahan.

"Mereka memiliki latar belakang agama, suku, bahasa dan adat istiadat yang berbeda-beda. Namun, fakta sejarah menunjukkan bahwa sekat dan batasan-batasan tersebut tidak menjadi halangan bagi para pemuda Indonesia untuk bersatu demi cita-cita besar Indonesia. Inilah yang kita sebut dengan, Berani Bersatu, " tambah Erwin Yunaz.

Upacara peringatan hari Sumpah Pemuda tahun 2017 untuk tingkat Payakumbuh yang dipusatkan di Balaikota,  dihadiri oleh unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah Benni Warlis, Asisten I, II, dan III, Satf Ahli, pimpinan OPD, ormas dan organisasi kepemudaan, pelajar dan undangan lainnya.

Secara nasional, tema peringatan Hari Sumpah Pemuda kali ini adalah Pemuda Indonesia Berani Bersatu.(Rahmat Sitepu)
 
Top