N3, Sumbar ~ “Alhamdulillah Unit Usaha Syariah Bank Nagari kembali memperoleh penghargaan dari Infobank. Ini sebuah prestasi dan kerja keras tim USS Bank Nagari untuk terus memberikan kontribusi pada perekonomian Sumbar,” ucap Direktur Utama Bank Nagari, Dedy Ihsan saat menerima penghargaan predikat “Sangat Bagus”pada Rating Keuangan Syariah 2017 versi majalah Infobank. 

Penyerahan Award itu diserahkan Wakil Pemimpin redaksi Majalah Infobank, Karnoto Mohamad Kepada Direktur kredit dan Syariah Bank Nagari, Hendri saat “6th Infobank Sharia Finance Award 2017” di Royal Ambarrukmo Hotel, Yogyakarta.

USS Bank Nagari memperoleh penghargaan itu berdasar rating kinerja keuangan per Desember 2015-2016 dengan kategori Unit Usaha Syariah beraset Rp 1 Triliun sampai dengan dibawah 5 Triliun.

Dedy mengatakan Award ini merupakan untuk yang ketiga kalinya diterima secara berturut-turut oleh Bank Nagari. Dengan  aset per Desember 2016 sebesar Rp. 1.340.715 Triliun. “Melihat peluang yang masih ada, Bank Nagari optimis dapat meningkatkan kontribusinya di perbankan syariah Sumbar dan berkontribusi dalam pembangunan Sumbar terhadap sektor UMKM,”harapnya.

Ditambah Direktur Kredit dan Sayriah Bank Nagari, Hendri, dari rating kinerja keuangan unit usaha syariah bank umum per Desember 2015-2016, Bank Nagari mendapatkan nilai sangat bagus dengan toral poin 86,85. Bank Nagari berada dibarisan papan atas bersama Bank DKI, Bank Sinarmas dan Bank Jateng.
“Kami menyakini, Bank Nagari terutama unit usaha syariah pada 2017. Ke depannya  akan memberikan kontribusi yang maksimal dalam pembagunan Sumbar. Terutama  dalam membantu berkembangnya UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang menjadi pendukung perekonomian Sumbar,” kata Hendri.

Hendri menambahkan, perolehan predikat “sangat bagus” ini tidak lepas dari kerja keras semua tim di USS Bank Nagari. Kerja keras berbuah hasil yang maksimal, setidaknya itu yang diperlihatkan UUS Bank Nagari.

Menurutnya, ada beberapa poin yang dilakukan dalam meningkatkan kinerja. Seperti penguatan SDM UUS termasuk di kantor konvensional, Karena melayani syariah juga. Penguatan jaringan pelayanan dengan menambah jaringan kantor melalui pembukaan satu unit KCPS (Kantor Cabang Pembantu Syariah) dan tiga unit layanan bergerak (Kas mobil syariah) pada 2017 dan lainnya.

Hendri optimis target pencapaian pembiayaan 2017 akan tercapai. Karena UUS Bank Nagari memiliki strategi penyaluran pembiayaan, strategi tersebut antara lain, mengaktifkan tenaga Marketing Officer Syariah (MOS), melaksanakan kegiatan edukasi, sosialisasi dan mengikuti event-event promosi termasuk kegiatan sejumlah kegiatan bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Di ajang ini, selain Bank Nagari juga terdapat 104 perusahaan keuangan syariah meraih penghargaan Infobank Sharia Finance Award 2017 atas kinerja terbaik mereka di tahun 2016.

Semua institusi keuangan syariah tersebut terdiri atas 68 Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) dari total 161 BPRS yang di rating, 6 Unit Usaha Syariah (UUS) perusahaan asuransi jiwa dari total 20 perusahaan yang di rating, 2 perusahaan asuransi jiwa syariah dari 26 total 26 perusahaan yang di rating, 10 UUS asuransi dari total 28 perusahaan yang di rating, 13 UUS bank umum dari total 21 UUS yang di rating, dan 6 Bank Umum Syariah (BUS) dari riset Infobank melakukan rating terhadap 270 institusi keuangan syariah atas kinerja – kinerja keuangan mereka tahun 2015 – 2016. Hasil rating, selain menempatkan 105 institusi keuangan syariah sebagai peraih penghargaan, ada 23 perusahaan yang meraih penghargaan “Golden Tropy” karena berhasil mempertahankan predikat “sangat bagus “ selama lima tahun berturut-turut.

Event Infobank Syariah Finance 2017 adalah ajang pemberian penghargaan tahunan yang dilakukan oleh majalah Infobank kepada institusi keuangan syariah nasional. Tahun ini merupakan tahun ke enam. “ini adalah bentuk apresiasi Infobank kepada institusi keuangan syariah yang mampu meraih kinerja terbaiknya,’ujar Eko B Supriyanto, pemimpin Redaksi Majalah Infobank. **SR.
 
Top