N3 Payakumbuh - Berbagai aksi dalam memberantas pungutan liar tak henti-hentinya dilakukan tim satuan tugas sapu bersih pungutan liar (satgas saber pungli) kota Payakumbuh. Melalui Inspektorat, setelah menggencarkan aksi sosialisasi pencegahan dan penghapusan pungli beberapa waktu yang lalu kepada kepala sekolah di lingkungan dinas pendidikan dan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), kembali tim yang dibentuk walikota di tahun lalu ini menggelar aksi serupa di ruang pertemuan kantor Camat Payakumbuh Barat, Jln. Sutan Syahrir No. 20 Kelurahan Tanjung Pauh, Kamis (12/10).

Walikota Payakumbuh yang diwakili Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Amriul dalam sambutan walikota menyampaikan bahwa pungli mesti diberantas sampai ke akarnya karena merupakan musuh bersama.

"Penyakit pungli sudah menjangkiti hampir seluruh sendi-sendi kehidupan masyarakat. Untuk itu, perlu penolakan secara tegas, efektif dan efisien terhadap pungli yang merupakan musuh kita bersama, " kata Amriul secara tegas membacakan sambutan Walikota.

"Dalam mengembangkan etos kerja dan meningkatkan kualitas pelayanan, dengan memelihara kepercayaan masyarakat kepada seluruh aparatur sipil Negara (ASN) khususnya lingkup pemerintah kota Payakumbuh marilah hendaknya kita junjung tinggi nilai-nilai dalam pelayanan yang optimal, bersih dan berwibawa, " harap Walikota dalam sambutan yang disampaikan Asisten II itu.

Walikota juga berharap kepada seluruh peserta agar mengikuti kegiatan sosialisasi ini dengan sebaik-baiknya.  "Terimakasih kepada satgas saber pungli melalui Inspektorat yang sudah menggelar kegiatan ini. Kepada para peserta semoga dapat mengikuti rangkaian acara sosialisasi ini dari awal sampai selesai, sehingga dapat menyerap materinya dengan baik dan dapat diterapkan di lingkungan kerja masing-masing. Semoga yang menjadi cita-cita kita bersama, Payakumbuh bebas pungli dapat terwujud, " ujar Walikota mengakhiri.

Kegiatan sosialisasi yang diikuti oleh 96 orang yang terdiri masing-masing 48 orang lurah dan sekretaris kelurahan ini dihadiri oleh Walikota Payakumbuh yang diwakili Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Amriul, Camat Payakumbuh Barat, Nurdal, Inspektur kota Payakumbuh yang diwakili Inspektur Pembantu, Herlina, hadirin dan undangan lainnya.

Sedangkan narasumber dalam sosialisasi ini berasal dari Polres yaitu Erman selaku Kasat Bimas, Kejaksaan Negeri, Oktri yang menjabat sebagai Jaksa Fungsional Inteligent dan Kismianto selaku Kasi Intel pada Kodim 0306/50 Kota.(Rahmat Sitepu)
 
Top