N3 Payakumbuh - Setelah 72 tahun sudah, Tentara Nasional Indonesia (TNI) bersama pemerintah dan rakyat Indonesia menjaga bangsa. Sejarah panjang turut menghiasi perjalanan bangsa Indonesia hingga akhirnya meraih kemerdekaan dan mengisi pembangunan. Di Payakumbuh, upacara peringatan setiap 5 Oktober ini dihelat di Lapangan Sari Bulan, Sawah Padang, Payakumbuh Selatan, Kamis (5/10).

Hadir dalam acara tersebut wakil walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz, Bupati Lima Puluh Kota, Irfendi Arbi, unsur forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) kota Payakumbuh dan Kab.Lima Puluh Kota diantaranya ketua DPRD, YB Dt.Parmato Alam, Komandan Kodim 0306/50 Kota Letkol Inf. Heri Sumitro, Kapolres AKBP Kuswoto, Ketua Pengadilan Negeri Payakumbuh, Kepala Kantor Kementrian Agama kota Payakumbuh,Asra Faber dan Kab. Lima Puluh Kota, badan Usaha Milik Negara/Daerah, ibu-ibu persit hadirin dan undangan lainnya. 

Wakil Walikota, Erwin Yunaz mengucapkan selamat kepada para jajaran TNI yang sudah 72 tahun mengabdi untuk bangsa dan Negara. "Selamat kami ucapkan kepada seluruh jajaran TNI. Melalui dirgahayu yang ke 72 ini semoga ke depan TNI semakin Jaya, selalu berjuang untuk bangsa dan Negara bersama rakyat. Inilah yang menjadi ciri sejati TNI yang tidak boleh pudar di tengah arus globalisasi. Karena kekuatan TNI bersandar kepada rakyat, " harap Wawako. 

Sementara itu Komandan Kodim 0306/50 Kota Letkol Inf. Heri Sumitro selaku Inspektur Upacara menyampaikan pidato Panglima TNI Jend. Gatot Nurmantyo di hadapan peserta upacara dan tamu undangan. "Penyelenggaraan HUT TNI pada hakekatnya merupakan salah satu bentuk laporan pertanggungjawaban TNI kepada rakyat atas pembangunan kekuatan TNI yang telah dan sedang dilaksanakan, khususnya pada tahun 2017.Oleh karena itu, tema pokok pada kegiatan HUT ke-72 ini adalah Bersama Rakyat TNI Kuat, " kata Heri Sumitro membacakan pidato Panglima TNI. 

Kemudian,  Heri menambahkan, " Makna yang terkandung di dalam terma tersebut adalah TNI tumbuh dan berkembang serta berjuang bersama rakyat. Bersama rakyat TNI kuat dalam menjaga dan melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia" imbuh Heri Sumitro. 

Selain upacara secara seremonial, pada dirgahayu TNI kali ini juga diberikan hadiah kepada sejumlah anak prajurit TNI kodim 0306/50kota yang berprestasi di bidang pendidikan, olahraga, kesenian dan paskibraka nasional serta penyerahan piagam penghargaan lomba lagu dan tari daerah yang digelar beberapa waktu yang lalu. 

Untuk juara 1 lomba lagu daerah tingkat kodim 0306/50 kota diraih oleh Lisa Sania Rahmi pelajar SMAN 2 Payakumbuh dan juga berhasil meraih juara 1 di tingkat korem 032/Wirabraja dan tingkat kodam I/Bukit Barisan. Saat ini Lisa sedang melaksanakan tour nusantara 2 bersama kepala staf angkatan darat dan panglima TNI, selanjutnya ikut menghadiri upacara HUT TNI ke-72 di Cilegon, Jawa Barat.(Rahmat Sitepu)


 
Top