N3 Payakumbuh - Dukungan Pemerintah kota Payakumbuh dalam pelaksanaan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GMHS) sangat tinggi. Karena hal tersebut merupakan amanat instruksi Presiden No. 1 Tahun 2017 tentang gerakan masyarakat hidup sehat.

Salah satu bentuk upayanya adalah melalui kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), maka dari itu agar gerakan ini bisa berjalan dengan baik, Bagian Kesra Setdako Payakumbuh menyelenggarakan sosialisasipembinaan dan pengembangan program akselerasi UKS di Aula Lantai III Balaikota, di Bukik Sibaluik, Kamis (26/10).

Acara yang dihadiri oleh Walikota Payakumbuh yang diwakili Kepala Bagian Kesra, Ipendi, juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan yang diwakili Kabid Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Dasril, Kepala Sekolah dari tingkat SD hingga SMA sederajat, tim pembina UKS, serta udangan lainnya.

Dalam sambutannya Kabag Kesra, Ipendi, mengatakan bahwa berbagai kegiatan dan upaya telah dilakukan oleh Pemko untuk membudayakan prilaku hidup bersih dan sehat di tengah-tengah masyarakat. Salah satunya kegiatan pembinaan UKS di setiap sekolah.

"Pemko Payakumbuh, telah memberikan dukungan penuh pada program kesehatan. Seperti halnya juga pada program pembinaan UKS di sekolah-sekolah. Hal ini terbukti dengan sejumlah prestasi dibidang kesehatan yang berhadil diraih, diantaranya Kota Sehat, UKS terbaik, dan Adiwiyata baik di tingkat provinsi maupun Nasional," ungkap Ipendi.

Kemudian dilanjutkan Ipendi, untuk mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat sesuai dengan Instruksi Presiden yang baru saja lahir. Pemko Payakumbuh langsung menyambutnya dengan menerbitkan surat edaran Walikota Nomor. 451/10/SE/WK-PYK/2017 tentang Pelaksanaan Gerakan Hidup Sehat.

"Baru saja Walikota Payakumbuh menerbitkan surat edaran tentang Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Hal ini dilaksanakan dalam rangka mempercepat dan mensinergikan tindakan dari upaya promotif dan preventif hidup sehat, guna meningkatkan produktifitas penduduk dan menurunkan pembiayaan pelayanan kesehatan akibat penyakit. Untuk itu semua lini mesti ikut serta dalam mensukseskan gerakan ini. Baik dari pemerintah daerah sendiri, sekolah-sekolah dalam program UKSnya hingga masyarakat luas, "pungkas Ipendi. (Rahmat Sitepu)
 
Top