N3, Padang ~ Dinas Sosial terus berupaya mengurangi angka kemiskinan di Kota Padang. Salah satunya melalui Program Keluarga Harapan (PKH) di samping program kegiatan lainnya. Sehingga melalui PKH akan mampu merubah ‘mainside’ masyarakat agar tidak bermental miskin. Hal ini disampaikan Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah membuka kegiatan Rapat Laporan dan Evaluasi PKH tingkat Kota Padang di Ruang Abu Bakar Ja’ar.

“Mengeluarkan orang dari keadaan miskin menjadi tidak miskin itu pekerjaan mulia,” sebutnya. 

Mahyeldi menjelaskan, melalui PKH diharapkan mampu mengeluarkan masyarakat dari garis kemiskinan, meskipun program ini berdurasi waktu 9 tahun. Namun bisa saja dapat diperpendek dalam jangka waktu menjadi dua tahun. 

“Untuk itu, bagi yang bisa melakukannya saya akan berikan reward,” ungkap Wako. 

Sementara Itu, Kepala Dinas Sosial Amasrul menyebutkan tujuan umum PKH adalah untuk meningkatkan pelayanan pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial dalam mendukung tercapainya kualitas hidup bagi keluarga miskin. 

“PKH ini diharapkan dapat mengurangi beban pengeluaran bagi keluarga miskin dalam jangka pendek serta memutus rantai kemiskinan dalam jangka panjang,” bebernya. 

Diungkapkan Amasrul, telah banyak program dalam PKH diantarnya E-Warung, membentuk kelompok usaha bersama (Kube), usaha produksi dan jasa dan lainnya. 

“Melalui rapat dan evaluasi kali ini, kita harapkan para pendamping desa dapat membantu masyarakat melalui pelatihan di setiap program usaha yang dilakukan,” tuturnya.(Mul/Yud/Riki/Mus)
 
Top