N3, Sumbar ~ Wakil Gubenur Sumatera Barat Nasrul Abit menyerahkan Donasi Sumbar Peduli Rohingya melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT) Perwakilan Sumatera Barat, yang nanti disalurkan kepada warga muslim Rohingya di Myamar dan Banglades, di ruang kerja Senin (2/10/2017).

"Donasi Sumbar Peduli Rohingya, telah dikumpulkan sejak bulan lalu dan saat ini telah terkumpul sekitar Rp. 750 juta. Hari kami serahkan  kepada ACT untuk salurkan untuk mengurangi penderitaan masyarakat muslim Rohingya. " ujar Nasrul Abit usai menyerahkan secara simbolis kepada perwakilan ACT.

Wagub Nasrul Abit juga menyatakan bantuan ini, bukan hari ini saja, akan tetapi nanti akan ada tahapan selanjutnya. Bantuan ini juga merupakan sumbangan dari seluruh pihak, baik itu diantaranya Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemprov, instansi pemerintahan di Provinsi, Perbankan, dan masyarakat  Sumatera Barat.

"Untuk itu saya atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menyampaikan ucapan terimakasih atas kepedulian untuk membantu saudara-saudara muslim Rohingya. Semoga ini menjadi amalan ibadah yang mulia ", doa Nasrul Abit  

Wagub Nasrul Abit menekankan, bantuan yang diberikan untuk tanggap darurat ini bagi kondisi kebutuhan masyarakat Rohingya, berupa bahan makanan dan kebutuhan mendesak lainnya. Namun, kalau ACT menilai ada bentuk bantuan lain yang sangat dibutuhkan, Pemprov menyerahkan keputusan pada ACT. 

Rekening "Sumbar Peduli Rohingya" dengan nomor 2101.0210.05697-2 di Bank Nagari masih dibuka. Kita berharap mudah-mudahan masih ada bantuan tambahan, yang masuk yang akan disalurkan pada tahap berikutnya, himbau Nasrul Abit.

Dalam kesempatan yang sama,  Kepala Cabang Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumbar, Fadli Septaviandra menjelaskan, bahwa bantuan dari warga Sumatera Barat untuk etnis Rohingya yang sedang mengalami kekerasan di Myanmar telah mencapai Rp2 miliar lebih.

"Jumlah itu berasal dari kelompok masyarakat, pemerintah kabupaten/kota dan Pemerintah Provinsi Sumbar," ungkap Fadli.

Menurut Fadli, bantuan Pemprov Sumbar ini akan dikumpulkan terlebih dahulu bersama bantuan yang lainnya, kemudian disalurkan secara bersamaan agar lebih efektif.

Pada tahap I ini bantuan sebanyak 2000 ton beras dari Sumbar telah disalurkan oleh ACT bagi etnis Rohingya di Myanmar dan pengungsi di Bangladesh. Dan penyaluran dilakukan lewat jalur laut dengan estimasi perjalanan selama sepuluh hari, terangnya. Hms
 
Top