Limapuluh Kota Raih Prestasi WTP Anggaran 2016

N3 Limapuluh Kota -  Luar Biasa! Mungkin kata-kata itu pantas disematkan kepada bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi. Betapa tidak, belum beberapa hari usai mendapatkan penghargaan dari Kementrian Kesehatan atas prestasinya membebaskan masyarakat Limapuluh Kota dari penyakit Filariasis. Kali ini, pemerintah Kabupaten itu kembali mendapatkan penghargaan dan apresiasi dari Presiden Joko Widodo.

Atas nama pemerintah Pusat, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati, telah menetapkan untuk memberikan penghargaan khusus kepada Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota atas prestasi gemilang bidang pengelolaan keuangan daerah.

Atas keberhasilan ini, pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota, berhasil meraih Penghargaan Capaian Standar Tertinggi dari Menteri Keuangan, dalam menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan Pemerintah Tahun Anggaran 2016.

Pemberian penghargaan ini diberikan mentri keuangan, Sri Mulyani, melalui kepala kantor Pelayanan Pembendaharaan Negara Cabang Bukittinggi, Iwan Hanafi kepada bupati Irfendi Arbi, di rumah dinas bupati, Labuah Basilang, Rabu (11/10) pagi.

Iwan Hanafi mengungkapkan, dirinya diberi tugas secara khusus oleh menteri keuangan untuk menyerahkan secara langsung piagam penghargaan atas prestasi tertinggi dalam bidang pengelolaan keuangan negara itu kepada bupati Irfendi Arbi.

“Kami jajaran Kemenkeu RI mengucapkan terimakasih dan selamat kepada bupati beserta jajarannya dalam pencapai standar tertinggi. Kami merasa terhormat dapat bertemu bupati disini, bupati yang telah berjuang mewujudkan laporan keuangan menjadi lebih baik di kabupaten Limapuluh Kota,"ujarnya.

Dikatakannya, penghargaan ini didapatkan, wujud kesungguhan dan integritas Pemerintahan kabupaten Limapuluh Kota dibidang pengelolaan keuangan dan aset daerah. "BPK RI beberapa waktu lalu telah memberikan penilaian terhadap laporan keuangan tahun anggaran 2016 kepada Pemkab Limapuluh Kota dengan opini yang paling tinggi, yaitu WTP. Opini itu merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan,” ujarnya.


Pada tahun 2016 Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemkab Limapuluh Kota kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI. "Ini capaian yang luar biasa, Limapuluh Kota berturut-turut mendapatkan WTP,"ungkapnya.

Ia menambahkan, upaya mempertahankan WTP inilah yang menjadikan Kementerian Keuangan menghargainya dengan memberikan penghargaan. Sebab bukan hal mudah mempertahankan WTP yang telah diperoleh sebelumnya.

Sementara itu, Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi ketika dimintai komentarnya mengatakan apresiasi dan rasa bangganya atas penghargaan yang diberikan pemerintah pusat melalui Menteri Keuangan RI tersebut. "Alhamdullillah kita mendapatkan penghargaan capain standar tertinggi. Sebelumnya kita juga mendapatkan penghargaan dari UGM sebagai kabupaten terbaik Kedua di Sumatera karena berhasil menerapakan tranparansi keuangan daerah,"sebutnya.

Menurut bupati, penghargaan ini tidak terlepas dari peran serta dan keterlibatan berbagai pihak dalam melakukan pembenahan. Prestasi ini bukanlah akhir dari komitmen untuk terus membenahi pengelolaan keuangan daerah. "Ini adalah awal dalam menata pengelolaan keuangan lebih baik lagi. Kita akan tetap berkomitmen akan terus berupaya mempertahankan opini WTP untuk tahun-tahun berikutnya, ini suatu keharusan dan tradisi bagi pengelolaan akuntabilitas keuangan di Pemkab Limapuluh Kota,"tambah bupati.

Semoga penghargaan yang diperoleh dari pemerintah pusat melalui menteri keuangan ini dapat semakin memacu semangat dari seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mempertahankan WTP yang telah diperoleh selama Dua tahun berturut-turut. “Dengan dukungan seluruh ASN dan OPD, akhirnya WTP dapat kita peroleh. Semoga opini WTP ini dapat kembali diperoleh di tahun berikutnya,”jelasnya.(Rahmat Sitepu)
Previous Post Next Post